LEBARAN 2015 : Kunjungan ke Candi Plaosan Klaten Naik 2 Kali Lipat

Selasa, 21 Juli 2015 - 05:45 WIB Penulis: Taufiq Sidik Prakoso Jibi Solopos Editor: Septina Arifiani | Solopos.com

SOLOPOS.COM - Sejumlah warga mengunjungi salah satu Candi Perwara di kawasan Candi Plaosan, Senin (20/7/2015). (Taufiq Sidik Prakoso/JIBI/ Solopos)

Lebaran 2015 dijadikan sebagian kalangan untuk berekreasi melepas penat bersama dengan keluarga. Candi Plaosan di Klaten menjadi salah satu destinasi favorit.

Solopos.com, KLATEN —  Hingga H+2 Lebaran atau Senin (20/7/2015) sejumlah lokasi wisata di Klaten masih dipadati pengunjung. Salah satu kawasan wisata yang jadi jujukan warga dari berbagai daerah yakni Candi Plaosan.

Kunjungan ke candi yang berada di wilayah Kecamatan Prambanan itu meningkat dua kali lipat dibanding kunjungan pada hari libur biasa. Angga, petugas pemungut retribusi, menjelaskan peningkatan jumlah kunjungan sudah terjadi sejak Sabtu (18/7/2015).

“Sabtu dan Minggu [19/7/2015] itu jumlah kunjungan meningkat lebih dari dua kali lipat dibandingkan hari biasa. Setiap hari sekitar 150-an orang datang ke candi. Kalau hari biasa itu kunjungan di bawah 50-an orang. Hari ini [Senin] juga masih ramai. Biasanya Candi Plaosan jadi tempat wisata alternatif setelah wisatawan berkunjung ke Candi Prambanan,” jelas dia saat ditemui Solopos.com di Candi Plaosan, Senin.

Wisawatan yang datang pada libur Lebaran kebanyakan warga dari luar kota seperti Jakarta, Surabaya, dan Solo. Kondisi itu berbeda dengan kunjungan pada hari biasa. “Kalau hari biasa itu warga lokal sini saja dan wisatawan mancanegara,” urai dia.

Lebih lanjut, Angga mengatakan setiap pengunjung yang datang ke tempat itu ditarik retribusi senilai Rp3.000. Jam buka untuk lokasi itu yakni pukul 07.00 WIB-17.00 WIB.

Sebagai lokasi wisata cagar budaya, ada sejumlah aturan yang mesti dipatuhi pengunjung. “Tidak boleh merokok di dalam kawasan, dilarang memanjat, tidak boleh mencorat-coret. Ini semua demi untuk merawat candi,” katanya.

Salah satu pengunjung Candi Plaosan, Yanto, 37, mengungkapkan sengaja berkunjung ke Candi Plaosan lantaran arus lalu lintas menuju Candi Prambanan padat merayap. “Daripada sama sekali tidak berkunjung karena ke Prambanan jalannya sangat padat, lebih baik datang ke Candi Plaosan saja. Sama-sama menikmati keindahan candi,” kata warga Gilingan, Banjarsari, Solo tersebut.

Tak hanya kunjungan ke candi, sejumlah warga juga memanfaatkan libur Lebaran untuk menyaksikan pacuan kuda yang digelar di Desa Kebondalem Kidul, Kecamatan Prambanan. Kegiatan yang digelar sejak Sabtu tersebut memikat seribuan pengunjung setiap harinya. Ketua Panitia, Entong Sutarto, menjelaskan jumlah warga yang menyaksikan lomba itu pada Senin mencapai 1.000-an orang dengan harga tiket masuk Rp20.000/orang. Lomba itu diikuti 50-an peserta terbagi dalam tujuh kelas. “Untuk final kejuaraan kami adakan Selasa [21/7/2015],” urai dia.

 

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif
HEADLINE soloraya Beda dengan Para Pekerja, Apindo Boyolali Usul UMK 2023 Hanya Tambah Rp42.000 23 menit yang lalu

HEADLINE sport Live Streaming Piala Dunia 2022: Wales Vs Inggris, Pertarungan Ke-104 23 menit yang lalu

HEADLINE news 5 Pengungsi Korban Gempa Cianjur Alami Gangguan Jiwa 31 menit yang lalu

HEADLINE sport Hasil dan Klasemen Grup A Piala Dunia 2022: 16 Besar Milik Belanda dan Senegal 37 menit yang lalu

HEADLINE sport Pertina Jawa Tengah Selenggarakan Penataran Pelatih Tinju di Kota Solo 41 menit yang lalu

HEADLINE sport Live Streaming Iran Vs Amerika Serikat di Piala Dunia 2022, Duel Panas! 52 menit yang lalu

HEADLINE sport Hasil Piala Dunia 2022: Atasi Ekuador 2-1, Senegal Lolos ke 16 Besar 1 jam yang lalu

HEADLINE soloraya Tilang Digital Berlaku, 11 Wilayah di Sukoharjo Ini Dipantau Kamera ETLE 1 jam yang lalu

HEADLINE sport Muantap! Indonesia Mendulang 6 Emas di Kejuaraan Atletik Thailand Open 2022 1 jam yang lalu

HEADLINE news Cerita Ndan Bhabin Soal Kesederhanaan Ayahnya yang Polisi Berpangkat Rendah 1 jam yang lalu

HEADLINE sport Hasil Piala Dunia 2022: Hajar Qatar 2-0, Belanda Lolos ke 16 Besar 1 jam yang lalu

HEADLINE lifestyle 9 Tanda Pasangan Anda Tidak Bahagia dalam Hubungan Percintaan 1 jam yang lalu

HEADLINE sport Prediksi Skor Wales Vs Inggris di Piala Dunia 2022: Begitu Syulit The Dragons! 2 jam yang lalu

HEADLINE jatim Wow! Capai Target, PAD dari Sektor Pariwisata di Magetan Tembus Rp15,3 Miliar 2 jam yang lalu

HEADLINE lifestyle WHO Ubah Nama Monkeypox Jadi Mpox 2 jam yang lalu