SOLOPOS.COM - Ibadah jemaah Naqsabandiyah di salah satu dari 40-an masjid dan musala di Padang, Sumatra Barat. (JIBI/Solopos/Antara/Maril Gafur)

Lebaran 2015 dirayakan segenap umat Islam dengan iringan kumandang takbir.

Solopos.com, PADANG — Perayaan Idulfitri 1436 H di beberapa tempat di Indonesia dirayakan lebih awal. Salah satu jemaah yang menetapkan 1 Syawal lebih awal adalah Jemaah Tarekat Naqsabandiyah. Jemaah Tarekat Naqsabandiyah yang ada di Kota Padang, Sumatra Barat, menetapkan berlebaran di Hari Raya Idulfitri 1 Syawal 1436 Hijriah, pada Kamis (16/7/2015) besok.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Terkait dengan itu, Pimpinan Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Sumatra Barat, Mursyid Syafri Malin Mudo mengatakan, penetapan awal Idulfitri tersebut dilakukan melalui metode hisab dengan cara menghitung 30 hari sejak awal puasa. “Kami sudah tetapkan Lebaran jatuh pada Kamis 16 Juli, besok, dan nanti malam kami sudah mulai takbiran,” ujar Mursyid sebagaimana dilaporkan Okezone, Rabu (15/7/2015).

Maka dari itu, Rabu petang, umat Islam yang ikut dalam Jemaah Tarekat Naqsabandiyah akan mulai takbiran.

2 Hari Lebih Cepat
Syafri menjelaskan pihaknya sudah berpuasa sejak 16 Juni 2015 atau dua hari lebih cepat dari ketentuan pemerintah, yang memulai puasa Ramadan pada 18 Juni 2015.

Meski berbeda, menurut Syafri, penghitungan 1 Syawal berdasarkan kalender dengan metode Hisab Munjid.

“Kita hanya bersumber dari Kitab Munjid yang dipercayai Jemaah Naqsabandiyah secara turun-menurun. Bahkan dengan metode ini, kita sudah bisa mengetahui 1 Syawal tahun depan,” ungkap Syafri.

“Kita hanya takbiran dilakukan di dalam masjid dan surau tanpa adanya tradisi pawai,” lanjut Syafri.

Selain itu, menurut pria yang akrab disapa Buya Firi ini, pengikut Tarekat Naqsabandiyah di Sumatra Barat tersebar di daerah lain selain di Padang, seperti di Kabupaten Solok Selatan, Pesisir Selatan, dan Solok.

50 Masjid
Menurut Buya Firi di Padang sendiri ada sekitar 50 masjid dan surau yang tersebar di pinggir kota, seperti Kecamatan Pauh, Lubuk Kilangan, dan Lubuk Begalung.

Sementara itu, Komunitas religi Jemaah An Nadzir yang berada di dekat Danau Mawang, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, dilaporkan Liputan6 mengakhiri puasa Ramadan 2015, Rabu, sekitar pukul 14.00 WIB siang. Senada dengan Jemaah Tarekat Naqsabandiyah, Jemaah An Nadzir juga akan salat Id, Kamis besok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya