SOLOPOS.COM - Suasana arus balik di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jatim, Kamis (23/7/2015).(Detikcom)

Lebaran 2015 pada H+6 di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi terpantau padat lancar.

Madiunpos.com, BANYUWANGI – Arus balik pada H+6 musim mudik Lebaran 2015 di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi tampak ramai lancar. Meski terjadi peningkatan arus lalu lintas kendaraan, namun jumlah peningkatannya belum terlalu signifikan.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

General Manajer PT Angkutan Sungai Danau dan Pelabuhan (ASDP) Indonesia Ferry, Ketapang, M Yusuf Hadi, mencatat ada peningkatan jumlah penumpang hingga 6% dibandingkan sehari sebelumnya pada Lebaran 2015. Sementara untuk jumlah kendaraan roda dua naik 4% dan kendaraan roda empat naik 9%.

“Meskipun terjadi peningkatan arus balik dibandingkan H+4 Lebaran kemarin, namun tidak sempat menyebabkan kepadatan di pelabuhan. Semuanya berjalan lancar berkat pola operasional kapal, pelabuhan dan kesiapsiagaan seluruh personel di lapangan,” ujar Yusuf Hadi, Kamis (23/7/2015) siang di Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur, seperti diberitakan Detikcom.

Pihak ASDP di Ketapang, sambung Yusuf Hadi, menyiagakan 31 unit kapal yang beroperasi hingga 115 trip. Jika dibandingkan dengan arus mudik dari Pelabuhan Gilimanuk sebelum Lebaran 2015, jumlah arus balik rata-rata masih di bawah 50% untuk semua jenis muatan.

Arus balik untuk penumpang baru mencapai 38%, sepeda motor mencapai 27%, dan mobil mencapai 44%. “Artinya masih banyak yang akan melakukan perjalanan arus balik hingga akhir pekan ini saat masa liburan selesai,” imbuhnya.

Untuk mengantisipasi peningkatan pemudik hingga akhir pekan ini, ASDP akan menambah armada untuk melayani arus balik Lebaran 2015 hingga sebanyak 34 unit kapal. Jumlah tripnya pun akan ditambah mengikuti peningkatan jumlah arus balik musim mudik Lebaran 2015.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya