SOLOPOS.COM - Suasana salat ied di Gumuk Pasir Pantai Parangtritis, Kecamatan Kretek, Jumat (17/7/2015). (JIBI/Harian Jogja/Joko Nugroho)

Lebaran 2015, ribuan orang ikut salat Idulfitri di Gumuk Pasir

Bisnis.com, BANTUL – Ketua Panitia Salat Ied Gumuk Pasir Sutono mengatakan jumlah jamaah salat Idulfitri di Gumuk Pasir Pantai Parangtritis, Kecamatan Kretek, Jumat (17/7/2015) kali ini lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan pada tahun sebelumnya cuaca kurang mendukung.

Promosi Championship Series, Format Aneh di Liga 1 2023/2024

“Tahun lalu gerimis jadi kurang mendukung. Kalau tahun ini sangat mendukung, banyak yang datang juga. Tidak hanya warga Kretek namun dari luar juga banyak,” kata Sutono usai salat ied.

Sutono menambahkan shalat ied di Gumuk Pasir Pantai Parangtritis sudah berjalan selama 20 tahun lebih. Selama itu banyak umat muslim berdatangan untuk melaksanakan salat iet di sini.

“Di sini bisa menampung 7.000 hingga 9.000 orang. Kalau hari ini sekitar 2.000 orang yang datang. Mereka kebanyakan memang warga sekitar sini saja,” jelas Sutono.

Imam shalat ied Muhammad Muqodas dalam kotbahnya berpesan pada umat muslim yang datang untuk tetap menahan nafsu meskipun tidak lagi bulan Ramadan. Pasalnya, nafsu keserakahan dan kebinatangan tetap harus disucikan.

“Nafsu keserakahan memang harus dikontrol. Nafsu ini memang selalu menyelimuti manusia selama hidupnya. Makanya manusia tidak akan pernah puas. Untuk itu meskipun usai Ramadan namun jangan lupa untuk tetap menahan nafsu jelek kita,” kata Muqodas.

Salah satu peserta shalat ied Munandar mengaku datang jauh-jauh dari Giwangan. Dia mengatakan mengajak serta keluarga ke sini untuk sekaligus berlibur ke pantai Parangtritis.

“Memang sudah rutin kalau saya shalat ied di sini. Namun tahun ini agak beda, saya ajak keluarga besar juga. Jadi setelah salat ied kami bisa langsung liburan di sini,” kata Munandar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya