SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Lebaran 2015 di Kraton Jogja, grebeg syawal tengah dipersiapkan.

Harianjogja.com, JOGJA-Setidaknya 10 bregodo Kraton Jogja berbaris menuju Alun-alun Utara yang menandai dimulainya Grebeg Syawal 1436 H, Sabtu (18/7/2015). Ratusan warga memenuhi Keben Kraton Jogja, Sabtu (18/7/2015).

Promosi Riwayat Banjir di Semarang Sejak Zaman Belanda

Sepuluh bregodo antara lain, bregodo Wirobrojo, Nyutro, Ketanggung, dan Mantrijero. Sementara dua bregodo abdi dalem Pakualaman yakni Lombok Abang dan Plangkir siap mengawal gunungan berisi hasil bumi seperti sayur dan buah sudah dipersiapkan untuk diperebutkan di Pakualaman. Selain Pakualaman, gunungan juga akan diperebutkan warga di Masjid Gede Kauman, Kepatihan dan Pakualaman pada pukul 10.00 WIB.

Ekspedisi Mudik 2024

Yadi, 39, warga Rotowijayan, mengaku setiap tahun selalu menonton arak-arakan bregodo. Ia mengajak anak laki-lainya yang bernama Bagas, 4. Menurutnya, acara semacam ini bagus untuk menumbuhkan kecintaan terhadap budaya dan mengenalkan prajurit Kraton kepada anaknya.
Kendati demikian, ia tidak pernah ikut berebut gunungan.

“Takut juga kalau ikut karena terlalu berdesak-desakan,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya