SOLOPOS.COM - Jemaah An Nadzir Gowa (JIBI/Solopos/Antara/Sahrul Manda Tingkupadang)

Lebaran 2015 kali ini diwarnai dengan kabar dari jemaah An Nadzir di Gowa.

Solopos.com, MAKASSAR — Komunitas religi Jemaah An Nadzir yang berada di dekat Danau Mawang, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, akan mengakhiri puasa Ramadan, Rabu (15/7/2015), sekitar pukul 14.00 WIB siang ini. Esok hari, jemaah tersebut akan merayakan Lebaran.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut pimpinan spiritual An Nadzir Gowa, Ustaz Lukman, Umat Islam, pihaknya menetapkan 1 Syawal jatuh pada Rabu siang ini berdasarkan hasil perhitungan bulan dari sudut pandang mereka.

Perhitungan bulan tersebut, yaitu ketika pukul 05.00 Wita, Selasa (14/7/2015) kemarin, sudah memasuki pergantian bulan baru. Jemaah An Nadzir mengklaim pada saat itu, Ramadan sudah berganti dengan Syawal.

“Karena dari perhitungan kami, bulan yang baru sudah muncul. Jadi masa pergantian bulan Ramadan ke Syawal terjadi di hari Rabu, tepatnya pada pukul 14.00 Wita. Bagi kami, waktu-waktu itu sudah diharamkan berpuasa. Hanya saja karena waktunya di pertengahan dan tidak memungkinkan kita melakukan Salat Ied,” jelas Lukman, sebagaimana dilansir Liputan6, Rabu.

Lukman menjelaskan seluruh jemaah An Nadzir yang memiliki ciri khas berambut panjang dan pirang tersebut akan berbuka puasa, Rabu siang ini. Sementara, mereka baru menggelar Salat Idulfitri pada Kamis, 16 Juli 2015 besok, pukul 07.00 Wita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya