SOLOPOS.COM - Ilustrasi tindak kriminalitas (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Harianjogja.com, SLEMAN-Ada saja tindak kriminalitas yang dapat terjadi saat lebaran. Guna menghindari hal yang tak diinginkan, Humas Polda DIY dalam operasi Ketupat Progo 2014 merilis sejumlah aksi yang patut diwaspadai beserta tips yang dapat dilakukan masyarakat.

Waspadai Uang Palsu
Pelaku menyasar pedagang kecil atau warung yang tidak memiliki alat deteksi. Pedagang kecil jangan lupa melihat, meraba dan menerawang uang yang diterima.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Waspadai Gendam
Biasa terjadi di stasiun, terminal, bandara dan pusat perbelanjaan. Antidipasi yakni jangan mudah percaya atau sebagai waspada dan bersiap terhadap seseorang yang menyapa anda dengan akrab sedangkan tidak mengenalnya.

Waspadai Copet, Jambret, Curanmor
Jangan menggunakan perhiasan berlebihan saat kita berbelanja sebaiknya membawa uang secukupnya dan tambahkan kunci pengaman pada kendaraan roda dua atau roda empat serta parkir di tempat aman.

Waspadai Kebakaran dan Pencurian
Pastikan rumah terkunci dengan baik saat ditinggalkan, titipkan pada tetangga terdekat dan hindari bahaya kebakaran dengan melepas alat rumah tangga yang terhubung aliran listrik.

Waspada Tempat Kos
Bagi mahasiswa yang akan mudik jangan tinggalkan barang berharga di tempat kos, titipkan pada rekan terdekat atau pada pemilik kost atau di kantor polisi seperti di Polres Sleman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya