SOLOPOS.COM - Pemudik bersepeda motor mengantre di Pelabuhan Bakauheni, Lampung. (JIBI/Solopos/Antara/Kristian Ali)

Solopos.com, JAKARTA — Polri memprediksikan arus mudik lebaran 2014 akan terjadi pada 25 Juli 2014, karena pendeknya jarak antara libur nasional lebaran dengan Hari Raya Idul Fitri.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri, Brigjen Pol Boy Rafli Amar, mengatakan karena libur nasional dengan hari lebaran berdekatan, maka pemudik cenderung akan melakukan perjalan di hari yang sama.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Jadi Jumat (25/7/2014), itu akan jadi puncaknya. Pasalnya, menuju hari H, dengan jarak dimulainya libur nasional itu cukup mepet, maka di Jumat itu awal titik keberangkatan pada umumnya,” jelasnya, Rabu (23/7/2014).

Ekspedisi Mudik 2024

Oleh karena itu, sambung Boy, pihaknya akan menyiapkan sebaik-baiknya pengamanan, khususnya untuk arus lalu lintas agar semua pemudik sampai ke kampung halaman masing-masing. Selain itu, Polri juga akan meminimalisir penggunaan u turn untuk putar-balik kendaraan untuk menghindari kepadatan kendaraan yang mungkin terjadi.

Mengenai jalur-jalur yang butuh perhatian ekstra, Boy menyampaikan jalur selatan ke Jawa Tengah menjadi ruas yang diprioritaskan. Kemudian, Cipularang ke Cilenyuei, Nagrek, dan jalan menuju Cilacap. “Kita masih punya waktu 3 hari bersiap untuk pelayanan maksimal,” ujar Boy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya