SOLOPOS.COM - Ilustrasi. (Endro Guntoro/JIBI/Harian Jogja)

Harianjogja.com, BANTUL – Tujuh hari sebelum lebaran, sejumlah toko pusat pembelanjaan perhiasan emas di Imogiri diserbu masyarakat dari sejumlah darah pinggiran Bantul. Pembelian perhiasan tersebut diperkirakan untuk dikenakan saat hari raya.

Pantauan dilakukan Harianjogja.com, Toko Sumber Makmur salah satu toko yang paling banyak dipilih masyarakat untuk membeli perhiasan emas baik
cincin maupun kalung.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Transaksinya sudah cukup meningkat sejak sekitar tiga hari ini. Kemungkinan sampai mendekati lebaran nanti akan terus meningkat,” ujar Rudi Hartono karyawan Sumber Makmur, Selasa (22/7/2014).

Ekspedisi Mudik 2024

Toko emas dan perhiasan terbesar di Imogiri ini memiliki enam outlet, tiga diantaranya di pasar baru Imogiri dan tiga outlet lain di kawasan pasar lama.  Rudi mencatat sudah ada ribuan jenis transaksi pembelian dan tukar tambah perhiasan emas. Setiap harinya, penjualan emas menembus sekitar satu kilogram. Mayoritas, perhiasan yang terjual jenis cincin dan kalung.

Menurut Rudi, dari tiga jenis kadar dan karat emas disediakan paling laris dipilih masyarakat menjelang lebaran saat ini adalah emas kadar 42% atau 10 karat. Harga jenis emas ini dipatok di harga Rp250.000 per gram. Sebaliknya, untuk transaksi jenis emas kadar 70% atau 22 karat terlihat masih sepi dan justru lebih laris emas muda berkarat kadar 30% atau 8 karat seharga Rp195.000 per gram.

Anik, seorang karyawan toko perhiasan dan emas di Imogiri yang lain juga membenarkan pembelian perhiasan emas sudah ada peningkatan. Menurut dia, masyarakat di Bantul di kawasan pinggiran memiliki kebiasaan membeli emas jelang lebaran. Pembelian emas ini umumnya dilakukan sebagai bentuk investasi memanfaatkan Tunjangan Hari Raya (THR).

Harga emas di Pusat Perbelanjaan Perhiasan Imogiri
Harga.         Kadar     Karat
Rp190.000  30%     8 karat
Rp250.000  42%    10 karat
Rp390.000  70%    22 karat
sumber : Diolah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya