SOLOPOS.COM - Calon penumpang memadati peron Stasiun Gambir, Jakarta saat musim mudik Lebaran tahun lalu. (JIBI/Bisnis Indonesia/Dedi Gunawan)

Solopos.com, SOLO — Tiket kereta api (KA) tambahan Lebaran untuk keberangkatan H-7 hingga H-1 Lebaran atau Senin-Minggu (21-27/7/2014) dan H+1 hingga H+7 Lebaran atau Rabu (30/7/2014) hingga Selasa (5/8/2014) ludes hanya dalam hitungan jam penjualan.

Informasi yang dihimpun Solopos.com dari Stasiun Solo Balapan dan Purwosari, tiket KA tambahan Lebaran untuk KA ekonomi, bisnis dan eksekutif yang dijual Rabu (14/5/2014) pukul 00.00 WIB ludes. Sejumlah calon penumpang mengantre sejak beberapa jam sebelum loket dibuka.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dua stasiun di Solo itu membuka dua loket penjualan tiket KA tambahan Lebaran. Wakil Kepala Stasiun Solo Balapan, Toto Suhendi, menjelaskan ratusan calon penumpang mengantre Rabu malam. Dia menuturkan semua calon penumpang dapat dilayani sesuai permintaan keberangkatan dan kepulangan.

“Tiket ludes dan semua calon penumpang terlayani. Ada antrean. Kami melayani seluruh tiket KA tambahan untuk keberangkatan tanggal berapapun. Kami memantau tiket untuk Jumat [25/7/2014] hingga Rabu [6/8/2014] habis,” kata Toto saat dihubungi Solopos.com, Kamis (15/5/2014).

Toto menambahkan calon penumpang sudah menunggu di depan loket karena sudah mengetahui jadwal penjualan tiket KA tambahan Lebaran. Selanjutnya dia menuturkan masih membuka satu loket penjualan tiket untuk melayani tiket KA reguler.

“Kalau masih ada tiket KA tambahan lebaran yang belum terjual ya masih akan tetap kami layani. Tetapi kalau sudah habis ya sudah,” imbuh dia.

Dihubungi secara terpisah, Kepala Stasiun Purwosari Radne Anyarso Tulad mengungkapkan belum dapat menyampaikan data penjualan tiket KA tambahan Lebaran. Namun dia menuturkan sebanyak 20-30 calon penumpang mengantre pada Rabu malam hingga dini hari Kamis (15/5/2014) pukul 03.00 WIB.

Dia memaparkan pendapatan yang diperoleh saat membuka dua loket senilai Rp7,5 juta. “Antrean tidak banyak tetapi rata-rata semua calon penumpang yang mengantre dapat tiket. Walaupun bukan KA yang dicari tapi mereka [calon penumpang] dapat menggunakan KA yang lain dengan tujuan sama. Selanjutnya apabila masih ada tiket KA tambahan maka dapat dibeli secara online atau di Stasiun Balapan,” ujar Radne.

Manager Humas PT KAI Daops VI/Yogyakarta, Bambang Setiyo Prayitno, membenarkan antrean pada Rabu malam. Bambang menyampaikan rata-rata tiket terjual untuk keberangkatan Jumat-Selasa (1-5/8/2014). Namun Bambang belum dapat menyampaikan data riil keberangkatan pada tanggal lain.

“Sejak Rabu malam dibuka penjualan tiket KA tambahan yang beroperasi mulai 21 Juli sampai dengan 5 Agustus. Terutama keberangkatan awal Agustus. Sementara keberangkatan masih running, meski beberapa KA menunjukan load factor 100%. Pantauan antriean di Stasiun Tugu Jogja maupun Stasiun Solo Balapan tidak lebih dari 200 calon penumpang,” tutur Bambang saat dihubungi Solopos.com, Kamis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya