Stasiun Solo Balapan (JIBI/SOLOPOS/dok)

Solopos.com, SOLO — Tiket kereta api (KA) arus balik lebaran tujuan Solo-Jakarta, Bandung, dan Surabaya, untuk keberangkatan Rabu (30/7/2014), ludes dalam satu jam sejak loket dibuka Kamis (1/5/2014) pukul 00.00 WIB.

Wakil Kepala Stasiun Solo Balapan, Toto Suhendi, mengatakan pemesanan tiket arus balik H+1 lebaran sudah dilakukan Kamis dini hari. Sedangkan pemesanan tiket arus balik H+2 lebaran untuk keberangkatan Kamis (31/7/2014) dapat dilakukan Jumat (2/5/2014) pukul 00.00 WIB atau tengah malam nanti. Pemesanan dapat dilakukan di loket di stasiun, online, maupun di sejumlah retail yang menjalin kerja sama dengan PT KAI.

Toto menyampaikan sejumlah calon penumpang mulai mengantre sejak pukul 23.00 WIB. Petugas PT KAI di Solo Balapan membuka dua loket untuk melayani pemesanan tiket mudik dan arus balik. Mereka mengaku akan menambah satu loket pemesanan menjadi tiga loket untuk mengantisipasi antrean calon penumpang membeludak.

“Kami buka dua loket untuk pemesanan. Hanya satu jam setelah loket buka langsung habis untuk semua KA reguler tujuan Solo ke Jakarta, Bandung, Surabaya, dan lain-lain. Begitu kami buka loket, tiket langsung habis,” kata Toto saat ditemui Solopos.com di ruang kerjanya, Kamis (1/4/2014).

Lebih lanjut Toto memprediksi puncak arus balik pada H+3 pada Jumat (1/8/2014) hingga H+5 pada Minggu (3/8/2014). Adapun harga tiket mudik dan balik lebaran untuk eksekutif dan bisnis diberlakukan harga tiket batas atas. Sedangkan tiket kereta api ekonomi tetap. “Antrean calon penumpang mulai berkurang. Kemungkinan sudah reservasi melalui online maupun sejumlah retail yang kerja sama dengan PT KAI. Sehingga antrean tidak terlalu panjang,” imbuh dia.

Sementara itu, Toto menuturkan belum dapat menyampaikan terkait rencana operasi lebaran untuk KA tambahan. Dia memprediksi rencana operasi lebaran akan disampaikan satu bulan sebelum lebaran. Sementara itu dihubungi secara terpisah, Manager Humas PT KAI Daops VI/Yogyakarta, Bambang Setiyo Prayitno, memprediksi arus balik lebaran hingga H+9 hari.

Sedangkan arus mudik lebaran mencapai H+7 hari. Sehingga dia menyampaikan akan ada kondisi kepadatan penumpang di sejumlah stasiun karena percampuran arus balik dan arus mudik. Oleh karena itu dia menyampaikan PT KAI akan menambah rencana perjalanan KA.

“Soal pemesanan tiket KA untuk arus balik, kami belum dapat menyampaikan data lebih lanjut. Tetapi hal yang pasti kami merencanakan menambah rencana perjalanan KA. Nanti kami evaluasi terus selama pergerakan pemesanan tiket ini,” ujar Bambang saat dihubungi Solopos.com, Kamis.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten