Kategori: Solo

LEBARAN 2014 : Tiket Arus Balik Diburu Calon Penumpang


Solopos.com/Asiska Riviyastuti/JIBI/Solopos

Solopos.com, SOLO — Tiket bus untuk arus balik pada musim mudik Lebaran 2014 sudah mulai diburu penumpang sejak sepekan terakhir. Bahkan beberapa perusahaan otobus (PO) sudah menambah armada untuk melayani permintaan pasar.

Manager Operasional Rosalia Indah Tour and Travel, Endang Sri Rejeki, menuturkan pihaknya sudah mulai mengoperasikan bus tambahan untuk melayani arus balik yang dioperasikan pada 31 Juli-10 Agustus. Namun menurut dia, puncak arus balik adalah 2-4 Agustus.

Pada waktu itu, pihaknya mengoperasikan 60-65 armada tambahan sedangkan untuk masa arus balik lainnya, hingga kini rata-rata bus tambahan yang dioperasikan adalah 5-10 bus. Padahal setiap harinya, Rosalia Indah memberangkatkan 80 armada.

“Tiket untuk armada tambahan ini kisaran Rp300.000-an. Tidak ada kelas karena yang dioperasikan semuanya sama, yakni bus pariwisata atau AC patas,” tutur Endang saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Rabu (23/7/2014).

Namun menurut dia, penambahan armada untuk arus mudik kali ini lebih sedikit jika dibandingkan Lebaran tahun lalu. Hal ini karena adanya perbaikan Jembatan Comal sehingga waktu tempuh menjadi lama dan peminat menurun.

Endang menyebutkan pada Lebaran tahun lalu, penambahan bus yang dioperasikan bisa mencapai 75-80 bus setiap harinya saat peak season. Dia juga menjelaskan akibat perbaikan Jembatan Comal dan arus dialihkan melewati jalur selatan, penambahan waktu tempuh sekitar 4-5 jam dari waktu normal.

Lebih lanjut, dia mengatakan tambahan armada tersebut hanya untk rute Solo-Jakarta sedangkan untuk tujuan Jatim, Endang mengatakan tidak ada tambahan. Hal tersebut karena permintaan penumpang sama-sama imbang untuk menuju dan dari Jatim ke Solo. Oleh karena itu, tidak ada armada yang bisa digunakan untuk layani kebutuhan penumpang tersebut.

Sementara itu, staf ticketing Pahala Kencala, Fredi Isnandar, mengatakan hingga kini belum ada tambahan armada untuk arus balik. Dia mengatakan dalam sehari, bus yang dioperasikan berjumlah delapan armada untuk kelas VIP dan eksekutif.

“Sampai saat ini kami belum menjual tiket bus tambahan untuk arus balik, kemungkinan nanti ketika H-3 baru mulai jual. Hal ini karena, belum ada kepastian tarif dari kantor pusat saat arus balik,” ungkapnya.

Namun dia menyampaikan saat ini dari delapan armada yang akan dioperasikan saat arus balik, masing-masing armada hanya menyisakan empat kursi yang belum terjual.

Share