SOLOPOS.COM - Smartfren (JIBI/Bisnis/Alby Albahi)

Harianjogja.com, JOGJA–Smartfren melakukan sejumlah uji coba dan penambahan kapasitas terkait dengan jaringan yang dimilikinya menjelang Idulfitri 2014 ini. Antisipasi lonjakan layanan data juga menjadi perhatian khusus dalam pengujian kali ini.

Regional Head Central Java & Kalimantan Smartfren, Aris A Martono mengatakan, pada Idulfitri 2013 silam, jaringan data internet Smartfren naik hingga 70%. Demikian pula menjelang Idulfitri 2014 ini, jeringan internet data kembali menunjukkan trafik kenaikan secara berlahan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kami sudah siapkan untuk mengantisipasi layanan ini. Sebab pada tahun ini kami juga melakukan up grade pada 200 BTS [base transceiver station] dan penambahan 100 BTS baru. Jadi kami siap dengan lonjakan yang akan terjadi pada Lebaran kali ini,” kata Aris saat acara buka bersama di Ruang Orchid, Eastparc Hotel, Kamis (17/7/2014).

Aris menjelaskan menurut pengalaman, lonjakan data yang terjadi sangat signifikan pada tujuh hari menjelang dan sesudah Idulfitri. Kebanyakan kenaikan dirasakan untuk layanan data internet yang mencapai 70%, sedangkan layanan voice hanya 20% dan layanan SMS (short massage service) sebanyak 10%.

“Kenaikan ini sebenarnya sudah sangat dirasakan pada awal Ramadan tahun ini. Layanan data sangat meningkat tajam, namun kami memang sudah antisipasi dengan beberapa persiapan yang dibutuhkan,” jelas Aris.

Direktur Smartfren, Merza Fachys mengatakan telah melakukan uji coba jaringan di seluruh Indonesia yang mencapai 6.000 BTS. Pengujian ini memang dikhususkan untuk kesiapan menghadapi musim mudik menjelang bulan Ramadan.

“Trafik kami selalu naik. Pemakaian trafik tertinggi terjadi pada siang dan sore hari. Dari uji coba ini kami mengetahui bahwa kami telah siap memberikan kenyamanan bagi masyarakat yang ingin bersilaturahmi dengan keluarganya,” kata Merza.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya