SOLOPOS.COM - ilustrasi listrik (Dok/JIBI/Solopos)

Harianjogja.com, BANTUL- PLN DIY memastikan tidak ada pemadaman listrik selama musim Lebaran kali ini. Kenaikan beban listrik akibat hari raya Lebaran diperkirakan mencapai 15% dibanding hari biasa.

Manajer PLN Area Jogja Wahyu Bintoro menyatakan pihaknya telah mempersiapkan kebutuhan listrik selama musim Lebaran. Mulai dari kebutuhan material hingga sumber daya manusia untuk mengamankan listrik selama Lebaran. PLN memastikan, tidak ada jadwal pemadaman listrik selama H-7 hingga H+7 Lebaran.

Promosi Mi Instan Witan Sulaeman

“Tidak ada jadwal pemadaman, optimistis semuanya akan lancar,” terang Bintoro di Kantor PLN DIY di Banguntapan Bantul, Rabu (23/7/2014).

Kendati tidak ada jadwal pemadaman, PLN kata dia tidak dapat menjamin 100% bahwa tidak akan ada gangguan kelistrikan yang mengakibatkan listrik padam. Gangguan tersebut biasanya tidak terduga alias di luar kontrol. Misalnya kerusakan mesin di pembangkit atau jaringan listrik yang dapat menyebabkan listrik padam di area tertentu.

“Kami kan tidak tahu kalau ada hal-hal di luar kendali, bisa saja kan segala sesuatu terjadi. Jadi kami tidak bisa menjamin seratus persen,” paparnya.

Terpisah, Asistem Manajer Jaringan PLN DIY Bambang Eko Haryono mengatakan, saat Lebaran kebutuhan listrik di DIY diperkirakan naik sebesar 15%. Penggunaan listrik paling besar terjadi di sektor bisnis seperti hotel dan restoran. Pada hari biasa pun kata dia, sektor bisnis di Jogja menempati urutan teratas penyedot listrik terbesar hingga 27%. Namun ia memastikan, kapasitas listrik untuk DIY saat ini mencukupi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya