SOLOPOS.COM - ilustrasi Lumpia Semarang (Foto: mrlumpiasemarang.com)

Harianjogja.com, SEMARANG– Permintaan produk makanan olahan meningkat bersamaan dengan naiknya tingkat konsumsi masyarakat saat Ramadan 2014.

“Untuk permintaan pasar terhadap makanan olahan hasil produksi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) meningkat 40-50 persen,” ujar Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Jateng Djarwanto Dwiatmoko di Semarang, Rabu (16/7/2014).

Promosi Selamat! 3 Agen BRILink Berprestasi Ini Dapat Hadiah Mobil dari BRI

Selain makanan olahan, produk lain yang juga mengalami peningkatan permintaan oleh pasar yaitu minuman kemasan, konveksi, dan asesoris. Mengenai kondisi tersebut pihaknya berkoordinasi dengan sejumlah pihak di antaranya asosiasi dan pembina UMKM untuk mempersiapkan stok produk yang banyak diminati oleh masyarakat. Beberapa daerah yang makanan khasnya banyak diminati di antaranya Semarang, Salatiga, Boyolali, Solo, Klaten, Wonosobo, Tegal, Brebes, dan Banyumas. Untuk terus mengenalkan produk khas daerah di Jawa Tengah kepada masyarakat pihaknya menggelar pasar rakyat yang dilaksanakan di halaman Gedung Gradika Bhakti Praja 16-18 Juli 2014.

Ekspedisi Mudik 2024

“Pada pagelaran pasar rakyat tersebut kami memfasilitasi UMKM dari 35 kabupaten/kota di Jateng untuk lebih mengenalkan produk kepada masyarakat luas, kami juga berharap para penjual mempersiapkan stok cukup agar bisa memenuhi permintaan pembeli,” ujarnya.

Pada pelaksanaan tersebut pihaknya juga menyediakan 2.200 paket sembako murah bagi masyarakat kurang mampu, untuk harga normal setiap paket mencapai Rp60 ribu tetapi pada acara tersebut dihargai Rp15.000. Djarwanto mengatakan kegiatan pasar murah yang diikuti oleh 86 stan tersebut diharapkan bisa membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan mereka dalam menyambut Lebaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya