SOLOPOS.COM - Ilustrasi bus-bus yang melayani arus mudik Lebaran 2013 di Terminal Tirtonadi. (JIBI/Solopos/Burhan Aris Nugraha)

Solopos.com, SOLO — Jumlah penumpang pada masa arus mudik dan balik Lebaran 2014 di Terminal Tirtonadi, Solo, Jawa Tengah diprediksikan bakal melonjak 5% dibandingkan tahun 2013 lalu.

Prediksi tersebut disampaikan Kepala UPTD Terminal Tirtonadi Solo Eko Agus Susanto ketika dijumpai Solopos.com, Minggu (6/7/2014). Eko menyebutkan berdasarkan pengalaman arus mudik angkutan umum tahun lalu, diperkirakan jumlah pemudik yang akan masuk ke Terminal Tirtonadi mencapai 693.089 penumpang.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Selain memprediksikan kenaikan kedatangan maupun pemberangkatan penumpang, Eko juga memprediksikan kenaikan kedatangan jumlah armada bus mudik gratis. Tahun lalu, Eko menuturkan jumlah kedatangan bus mudik gratis dari Jakarta dan sekitarnya mencapai 600 unit.

“Kami perkirakan bus mudik gratis naik, tapi belum bisa dipastikan berapa jumlahnya. Yang sudah daftar baru dari Jasa Raharja siap 100 unit,” tuturnya.

Demi mengantisipasi overload, Eko akan menyiapkan kantong-kantong parkir bus di Pedaringan dan Manahan. Lahan di Pedaringan dan Manahan hanya akan digunakan jika area terminal overload atau tidak mampu menampung jumlah armada bus yang datang ke Terminal Tirtonadi.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Kota Solo, Yosca Herman Soedrajad yang ditemui di Balai Kota Solo sebelumnya, mengatakan menyiapkan sekitar 1.150 bus pada masa arus mudik dan arus balik mendatang. Bus tersebut siap mengantar para pengguna transportasi darat itu sesuai tujuan masing-masing.

Perinciannya, bus antar kota antar propinsi (AKAP) disediakan 442 unit. Bus antar kota dalam propinsi (AKDP) ukuran besar 170 unit dan untuk ukuran sedang 91 unit. Sedangkan untuk bus lintas disiapkan 302 unit. Bus lintas itu nantinya bakal beroperasi di daerah-daerah di lintas kabupatan di sekitar wilayah Soloraya. Sehingga untuk pemudik yang tinggal di wilayah pedesaan sekitar Soloraya bisa terakomodir oleh bus tersebut.

“Totalnya ada 1.150 unit, itu semua termasuk bus kota yang telah kita siapkan sebanyak 145 unit,” sebutnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya