SOLOPOS.COM - Kapal SAR Pantai Gunungkidul (JIBI/Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah)

Solopos.com, JAKARTA – Bagi Anda yang tengah mudik ke Kota Jogja dan sekitarnya atau sedang menyiapkan wisata keluarga di gugusan pantai selatan, Kabupaten Gunungkidul bisa menjadi alternatif menarik. Pertimbangkan kembali untuk menuju kawasan pantai di Gunungkidul lainnya, seperti pantai Sadranan, Ngandong, Sundak, Indrayanti, dan Pok Tunggal.

Kelima pantai favorit ini selalu padat di tengah hari libur. Bahkan, kepolisian setempat menggunakan sistem satu jalur dari arah Tanjungsari menuju pertigaan Mulo. Langkah itu tak lain untuk mengurai kemacetan yang terjadi akibat melubernya pengunjung.

Promosi Tanggap Bencana Banjir, BRI Peduli Beri Bantuan bagi Warga Terdampak di Demak

Salah satu pengelola warung makan di Pantai Ngandong, Jiman, mengatakan saat ini pantai tersebut memang padat padat. Meski demikian, pengunjung masih bisa bermain di sekitar tiga gugusan pantai yang berdekatan dengan Pantai Ngandong, yakni Pantai Sundak, Pantai Ngandong, dan Pantai Sadranan.

Ekspedisi Mudik 2024

“Tadi dapat info kalau di Pantai Indrayanti sudah sangat padat,” ujarnya melalui pesan singkat kepada Bisnis.com pada Selasa (29/7/2014).

Dia mengungkapkan lokasi Pantai Indrayanti memang berada di tepat di tepi jalan raya sehingga parkir membeludak ke tepian jalan dan membuat arus lalu lintas macet.

Jiman mengatakan bila musim lebaran tiba, pihaknya meningkatkan jumlah pasokan makanan. Pasalnya, bisnis penginapan agak seret. “Pengunjung banyak biasanya pada lebaran hari kedua dan hari ketiga, setelah itu pantai kembali sepi normal,” ujarnya.

Pria paruh baya itu memiliki penginapan yang harganya relatif terjangkau. Satu rumah berkapasitas delapan orang disewakan seharga Rp1.000.000 per malam tanpa AC atau naik Rp200.000 rupiah dibandingkan dengan musim liburan pada akhir 2013 lalu.

Sementara itu, satu pondokan kecil cukup untuk dua orang disewakan dengan harga Rp700.000 per malam dengan AC. Namun, bagi Anda  yang berkantong tebal, Anda dapat menyewa kondominium di atas bukit karang dengan tarif Rp15 juta per malam. Kondominium ini memiliki 4 kamar lengkap dengan AC, spring bed dan TV LED juga mini bar.

Namun bila Anda mencari lokasi pantai yang masih agak sepi, Anda dapat tancap gas jauh ke timur menuju kawasan Pantai Siung dan Pantai Wedi Ombo. Kemungkinan, Pantai Siung juga agak padat akibat luberan pengunjung dari gugusan Pantai Sundak.

Sedangkan di Pantai Wedi Ombo bisa lebih sepi. Sayangnya, jarak menuju pantai ini terbilang cukup jauh. Bedanya, seperti namanya, pantai ini berupa teluk yang membentang kurang lebih empat kilometer dengan banyak karang dan bebatuan di pinggir pantai.

Bila Anda penikmat tracking, Anda bisa mengunjungi Pantai Jungwok melalui pintu masuk Pantai Wedi Ombo kemudian melakukan tracking kurang lebih 30 menit menuju lokasi pantai yang banyak terdapat tikungan yang menukik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya