SOLOPOS.COM - Ilustrasi Lebaran (Dok/JIBI/Harian Jogja)

Solopos.com, JAKARTA– Lebaran 2014, 1 Syawal 1435 Hijriah jatuh pada 28 Juli. Penetapan tersebut dilakukan oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Berdasarkan hisab hakiki wujudul hilal, Muhammadiyah menetapkan Hari Raya Idul Fitri 1435 H 1 Syawal 1435 Hijriah bertepatan dengan 28 Juli 2014.

Jika sesuai dengan kalender yang ada, artinya penetapan tersebut sama dengan versi pemerintah yang juga menetapkan Idulfitri pada 28 Juli 2014.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Muhammadiyah sudah menetapkan 1 Syawal 1435 Hijriah jatuh pada hari Senin tanggal 28 Juli 2014,” kata Agus Suradika,  Ketua DPW Muhammadiyah DKI Jakarta, Sabtu (19/7/2014) sebagaimana ditulis Beritajakarta.com dan dikutip Kabar24.com.

Kendati penetapan tersebut sama dengan yang ada di kalender, namun pemerintah masih akan menunggu rukyat hilal dan sidang isbath pada hari Minggu (27/7/2014).

“Pemerintah masih menunggu rukyat hilal dan akan sidang isbath pada hari Minggu. Kita tunggu saja,” ujar Agus.

Menurut Agus, hitungan yang dipakai oleh Muhammadiyah adalah berdasarkan metode hisab hakiki. Metode ini berpatokan pada gerak benda langit khususnya matahari pada bulan faktual. Sehingga ijtimak jelang Ramadhan adalah pada 28 Juni, dan ijtimak jelang Syawal 1435 terjadi pada hari Minggu.

“Pada hari itu bulan sudah berwujud, saat matahari terbenam bulan berada di ufuk. Jadi kami sepakat 1 Syawal pada Senin 28 Juli,” tegas Agus.

Muhammadiyah sendiri memulai puasa Ramadan lebih awal dari pemerintah, yakni pada 28 Juni lalu. Sementara, 1 Ramadan 1435 Hijriah yang ditetapkan pemerintah yakni pada Minggu 29 Juni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya