SOLOPOS.COM - Ilustrasi salah satu transaksi di kantor pos (Dok/JIBI/Harian Jogja)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Grafik pengiriman uang dari luar negeri ke Wilayah Gunungkidul mengalami peningkatan. Pasalnya, hingga saat ini jumlah pengiriman uang mencapai Rp592 juta. Sementara, di bulan sebelumnya pengiriman uang dari tenaga kerja Indonesia hanya mencapai Rp474 juta.

Petugas Kantor POS Wonosari, Erwin  Wahyu mengatakan pengiriman uang dari luar negeri jelang lebaran mengalami peningkatan. Biasanya, pengiriman menggunakan jasa  pengiriman Western Union  dan wesel instan perbankan. Hanya, peningkatannya belum terlalu signifikan, atau sebesar 25 %.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurut Erwin, jumlah ini lebih rendah dengan pengiriman di tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, di tahun-tahun sebelumnya nilainya mencapai miliaran hingga belasan miliar. Tapi, saat ini angka yang dikirim baru sekitar setengah miliar.

“Jumlah tersebut jauh menurun dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Kita lihat, apakah di hari-hari terakhir sebelum lebaran akan kembali meningkat atau tetap sama saja,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, ada beberapa faktor penyebab pengiriman uang dari luar negeri mengalami penurunan dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Salah satunya, para TKI memilih pulang untuk merayakan lebaran di kampung halaman. Akibatnya, uangnya tidak dikirimkan melalui jasa pengiriman uang karena turut dibawa bersamaan saat pulang kampung.

“Faktor lainnya, pengiriman dilakukan sejak jauh-jauh hari sebelum lebaran,” papar dia.

Petugas bagian pelayanan Kantor Pos Wonosari, Etik Tri Wahyuningsih memprediksi, jumlah pengiriman uang akan terus mengalami peningkatan. Tak jauh berbeda seperti tahun-tahun sebelumnya, mendekati perayaan hari raya Idulfitri, jumlah pengiriman akan mengalami peningkatan.

“Biasanya, TKI banyak yang baru mengirimkan uang mepet dengan hari lebaran. Tujuannya, uang itu bisa digunakan untuk keperluan berlebaran,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya