SOLOPOS.COM - Warga meminta informasi tentang jaminan kesehatan BPJS di rumah sakit (JIBI/Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah)

Harianjogja.com, KULONPROGO– Selama libur Lebaran, kartu Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS) atau jaminan kesehatan sejenis lainnya yang ditujukan ke RSUD Wates, hanya dapat digunakan saat darurat atau kasus yang membutuhkan penanganan segera. Hal ini diterapkan, karena lembaga penjamin tersebut mengikuti alur libur Lebaran manajemen dan layanan poliklinik di RSUD Wates.

Kabid Pelayanan Medis dan Pengembangan Mutu RSUD Wates Sri Budi Utami menjelaskan, manajemen dan layanan poliklinik RSUD Wates libur mulai Minggu sampai Rabu (27/7/2014-30/7/2014).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kami sudah berkoordinasi dengan lembaga penjamin dan hal itulah yang menjadi patokan lembaga penjamin sehingga tidak semua kasus dapat diklaim selama libur Lebaran, hanya untuk kasus-kasus berat dan mendesak,” ujarnya dalam temu wartawan di RSUD Wates, Rabu (23/7/2014).

Ekspedisi Mudik 2024

Ia mengungkapkan RSUD Wates akan memberikan penjelasan bahkan menempelkan edaran dari BPJS terkait rincian  yang dapat diklaim selama libur Lebaran, seperti kecelakaan maupun sakit yang membutuhkan penanganan segera. Dicontohkannya, pasien pemegang BPJS yang mengalami kecelakaan berat dapat melakukan klaim, sementara pasien pemegang BPJS dengan sakit ringan, seperti batuk atau pilek tidak dapat melakukan klaim.

Kendati demikian, paparnya, layanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) tetap buka 24 jam untuk memberi pelayanan kepada masyarakat. Tidak hanya itu, RSUD Wates juga sudah menyiapkan 10 dokter umum dan 10 dokter internships yang siap memberikan pertolongan kepada masyarakat. Ia menjamin kebutuhan dokter mencukupi saat libur Lebaran, bahkan spesialis obsgyn siap 24 jam. Layanan rawat inap dan ambulan juga siap sedia 24 jam. Operasi, tambah Sri, akan diterapkan hanya untuk kebutuhan darurat.

“Untuk dokter anak dan penyakit dalam stand by pada hari kedua Lebaran, sementara dokter spesialis lainnya bersifat on call yang akan segera datang saat dihubungi,” terang dia.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kulonprogo Bambang Haryatno mengatakan pasien pemegang BPJS dapat menggunakan kartunya di puskesmas saat libur Lebaran.

“Puskesmas yang disiagakan nantinya akan difokuskan di Puskesmas yang lokasinya berada di jalur mudik. Diantaranya Puskesmas Temon I, Temon II, Panjatan I, Panjatan II, Galur II, Sentolo I dan Sentolo II,” sebutnya.

Sementara, di jalur mudik sisi utara dua Puskesmas yang disiagakan yakni Puskesmas Nanggulan I dan Puskesmas Kalibawang. Puskesmas tersebut akan melayani selama 24 jam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya