SOLOPOS.COM - Uji kendaraan (JIBI/Dok)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Persiapan arus Lebaran 2014 di Gunungkidul terus dimantangkan. Selain kelancaran lalu lintas, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Gunungkidul mengecek kelayakan armada bus antarkota antarprovinsi untuk menjamin keamanan penumpang.

Kepala Dishubkominfo Gunungkidul Purnama Jaya mengatakan pengecekan dilakukan di beberapa pul perusahaan otobus (PO) di Gunungkidul. Di antaranya PO Maju Lancar, Rosalia Indah dan beberapa armada bus AKAP lainnya. Operasi ini dilaksanakan untuk menjamin bus yang akan digunakan  layak jalan semua.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kami tidak ingin kecolongan. Jangan sampai menimbulkan hal yang fatal saat terjadi kecelakaan,” katanya, di sela-sela pengecekan, Kamis (17/7/2014).

Ekspedisi Mudik 2024

Inspeksi mendadak dilakukan untuk pengecekan kelengkapan bus, mulai dari lampu, rem, surat-surat sampai peralatan darurat yang ada di dalam bus.

Hasilnya, dari delapan bus yang dijadikan sampel, hanya satu yang lengkap sementara sisanya diketahui tidak dilengkapi dengan peralatan darurat serta kelengkapan adminstrasinya. Mulai palu, alat pemadam api ringan, perlengkapan obat obatan tidak lengkap. Selain itu ada satu unit bus yang masa berlaku izin kendaraannya mati serta satu unit bus yang izin trayeknya mati.

Purnama menegaskan selama Lebaran 2014, Dishubkominfo akan melakukan uji petik sebanyak lima kali. Sasaran pengecekan tidak hanya untuk bus-bus yang beroperasi di wilayah Gunungkidul tapi bus-bus dari luar daerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya