SOLOPOS.COM - Wisatawan mengunjungi Candi Borobudur (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Harianjogja.com, MAGELANG- Satu Satuan Tugas Khusus dari Kepolisan Resor Magelang, Jawa Tengah, melakukan pengamanan Candi Borobudur selama libur Lebaran 2014.

“Ada satu satgas khusus untuk penanganan Candi Borobudur karena objek wisata itu sangat rawan, baik dari akses kriminalitas, kemudian kemacetan lalu lintas, termasuk kenyamanan para pengunjung. Semua itu akan kami perhatikan,” kata kata Kapolres Magelang AKBP Murbani Budi Pitono, di Magelang, Senin (21/7/2014).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ia mengatakan hal tersebut usai apel gelar pasukan Operasi Ketupat Candi 2014 tingkat Kabupaten Magelang.

Ekspedisi Mudik 2024

Ia menuturkan, satu satgas khusus, terdiri atas 75 orang. Jumlah personel tersebut melakukan penjagaan dalam kondisi rutin, apabila membutuhkan perkuatan pasukan lagi. pihaknya siap memenuhinya.

Selain di Candi Borobudur, katanya, Polres Magelang juga melakukan pengamanan di objek wisata Ketep Pass karena pengunjung di objek wisata alam itu juga selalu membeludak saat libur Lebaran.

Ia mengatakan, untuk pengamanan Lebaran sifatnya terpadu yang melibatkan kepolisian, TNI, dan pemda fungsinya untuk memberikan pengamanan dan pelayanan.

“Pada pengamanan Lebaran kali ini kami buat delapan pos, dua pos layanan, dan dua pos pelayanan terpadu,” katanya.

Ia mengatakan, pos pelayanan terpadu difungsikan sebagai tanggap darurat apabila ada hal-hal yang perlu mendapatkan penanganan segera, seperti jalan putus, pohon tumbang, ada kendaraan macet atau mogok di jalan diantisipasi bersama-sama.

Ia mengatakan, dalam pengamanan Lebaran, Polres Magelang menerjunkan 510 personel dan dibantu dari TNI, Dishub dan Satpol PP Kabupaten Magelang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya