SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok/JIBI)

Harianjogja.com, SLEMAN- Pertamina menambah alokasi LPG 3 kilogram hingga 12% untuk kebutuhan bulan Juli 2014 di Kabupaten Sleman. Penambahan tersebut tiga kali lipat lebih tinggi dari bulan sebelumnya  yang sebesar 4%.

Persediaan LPG yang sebelumnya 29.800 tabung ditambah menjadi 32.800 ribu per hari. “Penambahan dilakukan agar masyarakat tidak resah dengan stok gas,” ungkap Purwoko, Kepala Sie Pengembangan Dinas Sumber Daya Air, Energi, dan Mineral (SDAEM) Kabupaten Sleman, Selasa (22/7/2014).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dia memastikan stok LPG 3 kg di Sleman saat ini dalam kondisi surplus.

Sebagai langkah pengamanan stok LPG, Tim dari Dinas SDAEM Sleman mengecek kesiapan kantong Stasiun Pengisian Bahan Bakar Elpiji (SPBBE) dan agen, Selasa pagi.

Hasilnya, SPBBE dan agen menyatakan siap menghadapi lonjakan permintaan gas, khususnya dalam menyambut hari raya lebaran. “Truk juga sudah siap untuk mengangkut gas,” kata Purwoko.

Sleman merupakan kabupaten di DIY yang mendapat alokasi LPG 3 kg terbanyak, yaitu 866.208 tabung per bulan. Permintaan LPG 3kg diperkirakan melonjak akhir pekan ini. “Biasanya kenaikan permintaan sekitar 4-5 persen, sehingga stok dijamin sisa,” tutur Wakil Ketua Hiswana Migas DIY, Yos Widiaksoro.

Yos memaparkan penambahan stok LPG 3kg untuk antisipasi lonjakan permintaan hingga H+7 lebaran. Menurutnya, kenaikan permintaan terjadi karena banyaknya pemudik yang pulang kampung. Kondisi tersebut kemudian diprediksi normal kembali pasca H+7 lebaran.

Selain itu, untuk menjaga harga tidak naik, pengiriman LPG 3 kg di tingkat agen dilakukan H-1 lebaran. Dengan demikian, Yos menjamin stok di tingkat agen akan tersedia pada hari libur.

Sementara itu, alokasi LPG 12 kg tidak mendapat penambahan, tetap 162.936 per bulan. Meski demikian, Purwoko menilai stok akan tetap aman. Jika stok kurang, dia mengungkapkan masih ada produk substitusi berupa bright gas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya