LDUI: Gojek Jadi Andalan Masyarakat Solo dan Mitranya Selama Pandemi

Gojek mengupayakan agar para mitra sebagai urat nadi transportasi dan logistik ini mendapatkan vaksinasi Covid-19 sehingga memberikan keamanan baik bagi mitra maupun pengguna layanan.

 Ilustrasi Gojek. (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Gojek. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Pandemi Covid-19 yang memasuki tahun kedua telah mendorong masyarakat mencari jalan keluar untuk tetap dapat beraktivitas dalam keterbatasan mobilitas. Penggunaan aplikasi berbasis internet menjadi semakin luas, dan adaptasi teknologi menjadi suatu kebutuhan utama.

“Selama pandemi, saya banyak terbantu dengan adanya jasa ojek online untuk kebutuhan sehari-hari, termasuk untuk belanja kebutuhan pokok, beli makanan jadi, dan kalau memang perlu keluar rumah, saya lebih memilih menggunakan jasa ojol atau taksol [taksi online],” jelas Efanadia, seorang ibu rumah tangga di Solo, yang dikutip Rabu (15/12/2021).

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

Pernyataan Efanadia mencerminkan tantangan sekaligus potensi ojol yang dirasakan oleh Dani, seorang pengemudi ojek online.

“Pandemi memengaruhi pendapatan kami sebab banyak pekerja yang bekerja dari rumah, atau anak sekolah yang sekolah dari rumah. Sekarang di Solo sudah lebih baik, karena anak sekolah sudah mulai tatap muka dan orang sudah banyak yang kembali ke kantor. Mall juga sudah buka,” ungkap Dani.

Baca juga: Cegah Pencurian Barang, Gojek Edukasi Driver dan Siapkan Sanksi Tegas

Dani menambahkan adaptasi menjadi kunci penting, selain itu dia juga merasa beruntung karena mendapat bantuan dari Gojek, aplikasi yang digunakannya untuk mencari nafkah.

“Dari awal pandemi, Gojek lumayan perhatian kepada driver. Kami dapat bantuan sembako, masker, hand sanitizer, dan sempet juga kasih bantuan dana harian. Jadi selama pandemi lumayan bisa bertahan dan sekarang keadaan sudah lebih baik, sudah bisa menabung lagi,” jelasnya.

Urat Nadi Transportasi

Tidak hanya itu, Dani menambahkan Gojek mengupayakan agar para mitra sebagai urat nadi transportasi dan logistik ini mendapatkan vaksinasi Covid-19 sehingga memberikan keamanan baik bagi mitra maupun pengguna layanan.

Pernyataan Dani ini tercermin pula dalam riset Riset Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) yang memperkirakan kontribusi ekonomi digital Gojek dan GoTo Financial (di luar Tokopedia) sebanyak 7,7% dari PDRB Solo (Surakarta) atau sekitar Rp3,7 triliun di tahun 2021.

Baca juga: Nggak Ribet, Begini Cara Top Up Saldo Gopay Kamu

Hal itu terungkap dalam riset berjudul Kontribusi Ekosistem Gojek dalam Mendukung Pemulihan Ekonomi Kota Solo (Surakarta) Selama Pandemi 2020-2021.

Peneliti LD FEB UI Dr. Alfindra Primaldhi mengatakan riset ini merupakan penelitian keempat terkait dampak ekosistem Gojek yang dilakukan setiap tahun. “Pada riset tahun ini, kami melihat mitra dalam ekosistem Gojek mulai mengalami peningkatan pendapatan dibandingkan awal pandemi. Hal ini menunjukkan ekosistem Gojek membantu percepatan proses pemulihan pada mitranya,” jelas Alfindra dalam keterangan tertulis dari LDUI.

Temuan menarik lainnya dari riset ini adalah bagaimana layanan Gojek telah menjadi pilihan utama bagi konsumen di Kota Solo, serta kemampuan ekosistem Gojek mendukung mitra-mitranya selama pandemi sehingga mereka optimistis terhadap pemanfaatan platform online sebagai tempat mencari nafkah.

Temuan-temuan utama riset ini adalah sebagai berikut:

  • Sebanyak 2/3 mitra driver memprioritaskan fleksibilitas waktu dalam kemitraan dengan Gojek. Fleksibilitas ini memungkinkan mereka membagi waktu antara pekerjaan dan keluarga.
  • Mayoritas mitra Goride dan Gocar menyatakan kemitraan dengan Gojek meningkatkan kualitas hidup mereka.
  • Mitra mengapresiasi berbagai dukungan yang diberikan Gojek seperti potongan harga dari program Swadaya, inisiatif menjaga keamanan, kesehatan, dan higienitas mitra; serta layanan kepesertaan BPJSTK/asuransi.

Baca juga: Perusahaan Luhut dan Gojek Patungan, Siap Main Bisnis Kendaraan Listrik

Data juga menemukan bahwa konsumen merasakan manfaat dari penggunaan layanan Gojek, termasuk bagaimana layanan transportasi Gojek meningkatkan produktivitas, banyak promo pesan antar makanan Gofood, dan keamanan pengiriman barang melalui Gosend.

Konsumen Merasa Aman

Selain itu penelitian tersebut juga menemukan bahwa:

  • Lebih dari 80% konsumen menyatakan program vaksinasi Gojek memberikan konsumen merasa aman.
  • Tiga alasan utama konsumen menggunakan layanan Gocar: mitra memberikan layanan yang profesional, kendaraan yang bersih dan higienis, dan memberikan rasa aman bagi konsumen.
  • Mayoritas konsumen menyatakan bahwa biaya Gofood sudah sesuai/murah dibandingkan dengan layanan yang diberikan. Gofood menjadi pilihan konsumen karena banyaknya promo yang diberikan.

Secara umum, penggunaan layanan pesan antar online meningkat di masa pandemi. Selain itu, mayoritas konsumen menyatakan akan terus menggunakan/meningkatkan penggunaan layanan Gofood akan setelah pandemi berakhir. Dan sebagian besar konsumen (81%) menyatakan akan terus menggunakan layanan Gojek ke depannya meskipun tanpa promo.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Menunggu Alien Tampil di Kota Solo

+ PLUS Menunggu Alien Tampil di Kota Solo

Band progresif metal asal Amerika Serikat, Dream Theater, dipastikan akan tampil pada konser di Kota Solo, Jawa Tengah. Ini adalah bagian tur di Asia yang hanya berlokasi di Indonesia dan Jepang.

Berita Terkini

Raih Pendanaan US$70 Juta, Deliveree Siap Perluas Marketplace Logistik

Deliveree merupakan suatu marketplace pengiriman trucking dan kargo paling populer di Asia Tenggara dengan Indonesia, Filipina, dan Thailand sebagai negara operasionalnya.

Terus Tumbuh Berkelanjutan, Ini Sejumlah Aksi Korporasi Penting BRI

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI sebagai bank terbesar di Indonesia, akan terus fokus mewujudkan solusi keuangan yang terintegrasi untuk masyarakat.

3.000 Karyawan Holywings Dirumahkan, Wagub DKI Tawarkan Solusi Ini

Wakil Gubernur DKI Jakarta berjanji mencarikan solusi soal nasib sekitar 3.000 karyawan Holywings yang kini tidak bisa bekerja atau dirumahkan.

Giliran UBS Anjlok! Cek Harga Emas Pegadaian, Kamis 30 Juni 2022

Bagi yang ingin investasi, harga emas yang dijual di Pegadaian Kamis (30/6/2022) hari ini terpantau turun, baik untuk cetakan UBS, sedangkan cetakan Antam tidak berubah.

Pergerakan IHSG Diprediksi Menguat, Terdorong Faktor Eksternal?

Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan menguat pada perdagangan hari terakhir paruh pertama tahun 2022, Kamis (30/6/2022).

Simpanan Deposito Masih Laris, LPS: Ada Rp2.809 Triliun

Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mencatat simpanan deposito masih menjadi instrumen yang paling banyak berkontribusi per Mei 2022, yakni 37% dari total simpanan dengan nilai yang mencapai Rp2.809 triliun.

Tarif PPN 11 Persen Disebut Tingkatkan Kemiskinan, Ini Respons Menkeu

Kenaikan tarif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dari 10 persen menjadi 11 persen akan berdampak pada masyarakat miskin sehingga berisiko menambah angka kemiskinan di Indonesia.

Holywings Ditutup, Manajemen Rumahkan 3.000 Karyawan

General Manager Project Company Holywings Yuli Setiawan mengungkapkan manajemen akan membayarkan kewajiban gaji karyawan secara penuh.

Cetak SDM Unggul, Perguruan Tinggi dan Sektor Usaha Harus Bersinergi

Untuk mencetak SDM unggung Perguruan Tinggi dan dunia usaha harus terus bersinergi.

Ikuti Hobi dan Naluri, Pewaris Bisnis Duniatex Ini Pilih Jadi Petani

Kesukaannya kepada buah melon mendorong Musa Hartono, 21, salah satu pewaris bisnis Duniatex Group, memilih jalur usaha yang berbeda yakni menjadi petani dan membudidayakan buah melon.

Bidik Kapitalisasi Rp13.000 Triliun, Begini Strategi Dirut Baru PT BEI

Setelah resmi ditunjuk, direksi baru PT Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2022-2026 telah mencanangkan sejumlah program dan target jangka panjang.

Hemat Tagihan Listrik, PLTS Pabrik Semen Gresik Berkapasitas 14,55 kWp

Solar panel system atau PLTS yang saat ini terpasang di atap gedung CCR Pabrik Rembang menggunakan topologi on grid solar panel system.

Izinnya Dicabut Terkait Promosi Miras, Apa Bisnis Holywings?

Bisnis Holywings tak lepas jadi sorotan menyusul kontroversi promo minuman keras (miras) berbau SARA.

Terjangkau! Segini Tarif Makan Sepuasnya Barbeque di Aston Solo Hotel

Lokasi Hulala BBQ ini cukup spesial karena berada di tepi kolam renang semi outdoor yang terletak di lantai 6 Aston Solo Hotel.

BRI Jalin Kerja Sama dengan DJP, Siap Implementasikan PSIAP

Melalui kerja sama dengan DJP Kemenkeu ini, BRI menjadi mitra perbankan yang ikut berpartisipasi dalam implementasi aplikasi PSIAP.