Solopos.com, SOLO — Peserta kirab budaya melintasi Alun-alun Utara Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Minggu (5/12/2021).

PromosiJalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kirab budaya yang diselenggarakan Lembaga Dewan Adat (LDA) tersebut menjadi puncak acara Pekan Seni dan Ekonomi Kreatif dalam rangka memperingati HUT ke-90 Paguyuban Kawula Keraton Surakarta (Pakasa). Acara tersebut sekaligus sekaligus upaya pelestarian kearifan budaya lokal lewat pertunjukkan seni dan pameran produk kerajinan.

 

Peserta kirab budaya melintasi Alun-alun Utara Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Minggu (5/12/2021). (Solopos/Nicolous Irawan)

 

Kirab budaya dalam rangka HUT ke-90 Paguyuban Kawula Keraton Surakarta (Pakasa). (Solopos/Nicolous Irawan)

 

Pakasa dibentuk oleh Paku Buwono (PB) X pada tahun 1931. Saat ini Jumlah anggota kawula Keraton Surakarta sekitar 2.000-an sedangkan Jawa Tengah sekitar 3.000 orang. Kirab digelar dari Alun-Alun Utara hingga Tugu Pemandengan depan Balai Kota Solo dan kembali ke keraton.

Kirab digelar Lembaga Dewan Adat (LDA) Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. (Solopos/Nicolous Irawan)

 

Pakasa dibentuk oleh Paku Buwono (PB) X pada tahun 1931. (Solopos/Nicolous Irawan)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi