Tutup Iklan

Lazismu Dampingi Klinik Aisyiyah Sragen, Berobat Sekaligus Sedekah

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SRAGEN — Klinik Aisyiyah berdiri sejak 2013. Klinik itu terletak di Jl. Pemuda No. 4, Kauman, Sragen Wetan, Sragen. Klinik Aisyiyah berkembang dengan pendampingan Lembaga Amil Zakat dan Sedekah Muhammadiyah (Lazismu) Sragen.

Setelah mandiri, Klinik Aisyiyah membutuhkan perluasan lahan untuk peningkatan pelayanan. Pada kesempatan itu, Lazismu kembali hadir untuk pendampingan kali kedua dengan jangka waktu tiga tahun ke depan.

Ketua Badan Pengurus Lazismu Sragen, Ikhwanushoffa, menginformasikan Klinik Aisyiyah bukan klinik biasa yang berorientasi profit tetapi klinik yang melayani pelayanan medis kepada kaum dhuafa dengan biaya sukarela atau seikhlasnya.

Untuk menjadi pasien klinik itu cukup mudah, yakni hanya membawa kartu Saraswati terbitan Unit Pelayanan Terpadu Penanggulangan Kemiskinan (UPTPK) atau surat keterangan tidak mampu yang dikeluarkan desa/kelurahan. Pasien sukarela itu disebut pasian S.

“Selain itu klinik juga menangani pasien mampu yang berobat sekaligus menjadi donatur. Pasien mampu ini disebut pasien donatur (pasien D). Pasien D itu ketika mengeluarkan biaya medis itu sama saja dengan sedekah karena biaya itu digunakan untuk mensubsidi pasien tidak mampu. Artinya, berobat di Klinik Aisyiyah sekaligus bersedekah,” ujar Ikhwan, sapaan akrabnya.

Pelayanan klinik rawat inap selama ini masih kontrak di lokasi yang berjarak 100 meter dari klinik. Ketika ada pasien rawat inap maka harus diantar dengan ambulans dari Instalasi Gawat Darurat (IGD) Klinik Aisyiyah.

Kondisi tersebut dinilai Ikhwan tidak ideal sehingga ada terobosan untuk perluasan lahan. Ia membutuhkan dana Rp2,5 miliar untuk membeli tanah 417 meter persegi di sebelah klinik untuk perluasan pelayanan. Ikhwan menargetkan perluasan lahan itu rampung selama 3 tahun ke depan.

“Kami mengetuk para aghniya [berkecukupan] untuk bisa berwakaf dengan nilai Rp25.000-Rp1 juta per orang. Kami akan menerbitkan sertifikat wakaf sesuai dengan nilai tersebut. Dengan nilai wakaf itu, kami tidak membatasi kesempatan berwakaf hanya bagi yang mampu tetapi juga menyasar bagi yang menengah ke bawah,” tuturnya.

Ikhwan menyampaikan jumlah pasien klinik rata-rata 50-70 orang per hari. Pelayanan dokter dibuka Senin-Sabtu dari pukul 08.00 WIB-20.00 WIB dan pada Ahad buka pukul 08.00 WIB-14.00 WIB.

Pelayanan dokter di luar jam tersebut masih bisa dilakukan lewat telepon. Khusus pelayanan IGD dibuka selama 24 jam.

“Selama setahun, Klinik Aisyiyah sudah melayani pasien di atas 2.000 tindakan medis untuk pasien sukarela pada 2015. Sekarang kami sudah melayani lebih dari 5.000 tindakan medis. Klinik sudah bisa mandiri sejak banyak pasien BPJS [Badan Penyelenggara Jaminan Sosial]. Tetapi untuk pasien rawat inap masih disubsidi Lazismu,” imbuhnya.

Ikhwan mengimbau kepada masyarakat jangan cuek dengan tetangga yang membutuhkan tindakan medis. Problem tidak punya kartu bisa diupayakan Lazismu. Bila ada problem tidak ada yang menunggui pasien maka Lazismu sampai memberi biaya hidup bagi penunggu pasien rawat inap. Bahkan Lazismu memberi pelayanan antar-jemput pasien.

“Kami juga mendorong kepada anggota BPJS supaya mengalihkan pelayanan fasilitas kesehatan I ke Klinik Aisyiyah karena tanpa berbuat apa pun bisa membantu dan bersedekah untuk kaum dhuafa,” tuturnya.

Sementara Direktur Klinik Aisyiyah Sragen, dr. Hj. Virani Rizatania, menambahkan klinik yang dipimpinnya memiliki lima dokter umum, satu dokter gigi, dan satu dokter kandungan. Jumlah perawat dan bidan sebanyak 11 orang plus dua orang asisten apoteker.

“Kami melayani poli umum, poli gigi, poli kandungan, rawat inap dengan empat kamar, persalinan, fisioterapi, dan IGD 24 jam,” tambahnya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Seru, Universitas Duta Bangsa Solo Gelar Outbound Dosen dan Tendik

Universitas Duta Bangsa (UDB) Solo menyelenggarakan kegiatan outbound bagi dosen dan tenaga kependidikan (tendik) untuk meningkatkan keakraban.

Api Abadi PON XX Papua Mulai Dikirab Keliling Lima Wilayah Adat

Api Abadi PON XX diambil di PLTMG Pertamina Klamono

Netflix Indonesia Tayangkan di Balik Layar Squid Game, Seperti Apa?

Di balik layar  Squid Game itu mengungkap bahwa setiap set dibangun secara detail  untuk mewakili semua permainan di serial itu.

Sindir Atta Halilintar, Gibran: Tetap Putus Asa, Jangan Semangat!

Putra sulung Presiden Jokowi tersebut juga mengajak pengusaha lain untuk ikut andil mengembangkan olah raga nasional. Secara khusus Gibran memberikan pesan kepada Atta sebagai bos AHHA PS Pati.

Sirkuit Mandalika dan Keindahan Lombok Yang Dipuji Pembalap Dunia

Menjadi tuan rumah perhelatan besar balap motor kelas dunia

Layanan Telkom Group Disebut Kembali Normal 100%

Seluruh layanan Telkom Group baik fixed broadband termasuk Indihome maupun mobile broadband milik Telkomsel saat ini sudah kembali normal.

Usai Periksa Luhut, Polda Metro Akan Panggil Haris Azhar-Fatia

Polda Metro Jaya akan memanggil Haris Azhar-Fatia Maulidiyanti dalam waktu dekat terkait dugaan pencemaran nama baik melibatkan Menko Bidang Marinvest, Luhut Binsar Pandjaitan.

Jagone Inyong Kie! Es Lontrong Slawi Seger Legender

Kuliner Tegal kali ini membahas tentang Es Lontrong Slawi yang legendaris dan hanya bisa ditemukan di Tegal.

Bandara Dibuka, Afghanistan Siap Bekerja Sama dengan Semua Maskapai

Taliban pada Minggu (26/9/2021) mengumumkan bahwa semua masalah teknis di bandara Kabul sudah teratasi dan penerbangan internasional siap kembali beroperasi.

ODGJ Klaten Akhiri Hidup dengan Gantung Diri di Sumur

Kasus bunuh diri di Klaten itu kali pertama diketahui Suwarni. Mendengar suara air mengalir dari arah sumur milik ST. Begitu dicek, Suwarni melihat ST sudah meninggal dunia dengan gantung diri di sumur tersebut.

Tol Kayangan Ini Viral di Medsos Lur, Cek Lokasinya

Tol Kayangan merupakan penghubung Dusun Surodadi dan Dusun Candran, Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah yang sedang viral di medsos.

Pensiunan Polisi di Semarang Ngemis Jadi Manusia Silver, Ini Alasannya

Aksi manusia silver sering kali meresahkan pengguna jalan sehingga menjadi target razia Satpol PP.

Sidak Proyek Kantor BPBD, Wabup Klaten Peringatkan Kontraktor!

Nilai kontrak pembangunan Kantor BPBD yang disidak Wakil Bupati Klaten senilai Rp7,59 miliar dari APBD Klaten. Rentang waktu pengerjaan selama 180 hari dimulai sejak Juni 2021.

Bencana Tanah Longsor di Temanggung, Satu Rumah Ambruk

kerugian diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah

Menko Marinvest Luhut soal Data Tambang: Kita Buka di Pengadilan!

Menko Marinvest, Luhut Binsar Pandjaitan, tidak ambil pusing soal tantangan membuka data bisnis tambang di Papua yang disebut-sebut miliknya.

Merpati Jaguar di Pekalongan Laku Rp1,5 Miliar, Ini Istimewanya

Kisah unik kali ini tentang seekor merpati Jaguar yang laku terjual seharga Rp1,5 miliar.