Layani Pasien Covid-19 OTG Hingga Bergejala, Ini Fasilitas RS Lapangan Vastenburg Solo
Pintu masuk Benteng Vastenburg Solo yang akan jadi lokasi RS lapangan Korem Warastratama. (Solopos/Ichsan Kholif Rahman)

Solopos.com, SOLO -- Rumah sakit atau RS lapangan yang dibangun Korem 074 Warastratama Surakarta di area Benteng Vastenburg Solo bakal melayani pasien positif Covid-19.

Tidak hanya pasien dengan klasifikasi orang tanpa gejala (OTG), tapi juga yang bergejala mulai ringan hingga berat. Danrem 074 Warastratama Kolonel (Inf) Rano Tilaar, kepada wartawan, Jumat (15/1/2021), mengatakan pada prinsipnya RS lapangan merupakan RS yang pindah ke lapangan.

Karenanya fasilitas kesehatan yang tersedia seperti rumah sakit pada umumnya. Danrem menambahkan alat operasional rumah sakit lapangan tersebut akan dikirim pada 21 Januari mendatang. Sedangkan proses pembangunan fisik RS lapangan Vastenburg itu hingga beroperasi hanya butuh waktu tujuh hari.

Korem Warastratama Bangun Rumah Sakit Lapangan Di Vastenburg Solo, Khusus Pasien Covid-19?

RS lapangan itu memiliki kapasitas 100 bed dan 100 tenaga kesehatan yang bekerja dengan sistem sif. Danrem menyebut RS lapangan memprioritaskan pasien dari Soloraya. Namun, sesuai standar kemanusiaan, seluruh pasien yang datang akan mendapat pelayanan.

Perwakilan Vendor Pembangunan Rumkitlap, Edison, mengatakan ada 20 tenda dengan 12 fungsi seperti peralatan, komando, ICU, nakes, perawatan, laboratorium, UGD, dan Xray.

Danrumkitlap Letkol Ckm Ardianto Pramono mengatakan RS lapangan Benteng Vastenburg Solo akan dilengkapi fasilitas laboratorium. Ia memastikan peralatan RS lapangan itu canggih dan memadai.

Protes Pembatasan Operasional, Pengusaha Kuliner Ramai-Ramai Wadul ke DPRD Sukoharjo

Rujukan Pasien Soloraya

Selain itu, meskipun berbentuk tenda, ruangannya dingin seperti rumah sakit umum. Dengan begitu, pasien bergejala berat pun dapat tertangani. Ia memastikan vendor juga telah menyiapkan sarana pengolahan limbah medis.

Informasi sebelumnya, jajaran Korem Warastratama Surakarta mulai membersihkan area Benteng Vastenburg Solo pada pekan ini. Nantinya area Benteng Vastenburg Solo untuk RS lapangan bagi pasien Covid-19. Kota Solo dipilih untuk mendirikan RS lapangan karena menjadi rujukan pasien Covid-19 dari wilayah lain Soloraya.

Ini Sosok Pasutri Pedagang Satai Yang Viral Seusai Ribut Dengan Bupati Sukoharjo

“Pertimbangan pemilihan lokasi yakni hasil koordinasi kami dengan kepala daerah. Rumkitlap juga harus dekat dengan RST Slamet Riyadi. Para nakes rumkitlap merupakan para nakes organik RST Slamet Riyadi,” papar Danrem.

Ia menambahkan infrastruktur Benteng Vastenburg terlindungi tembok dan parit besar yang mengelilingi. Harapannya hal itu dapat menepis keraguan masyarakat karena lokasi rumkitlap sangat ideal. Menurutnya, para Dandim wilayah wajib menyosialisasikan rumkitlap ke wilayah masing-masing.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom