SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Madiunpos.com, MADIUN — Perusahaan Daerah Air Minun (PDAM) Tirta Taman Sari Kota Madiun akan menambah satu sumur untuk memperkuat sumber air bersih pada tahun 2019 mendatang. Saat ini sudah ada 26 sumur dalam menjadi sumber air bersih PDAM Tirta Taman Sari.

Direktur Utama PDAM Tirta Taman Sari Kota Madiun, Bambang Irianto, mengatakan saat ini perusahaan pelat merah milik Pemkot Madiun itu telah memiliki 26 sumur dalam yang tersebar di 12 lokasi. Sumur dalam ini menjadi tulang punggung pemasok air bersih yang dimiliki PDAM Tirta Taman Sari.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Selama ini PDAM Tirta Taman Sari tidak mengandalkan sumber air dari embung maupun sungai. Hal ini karena Kota Madiun tidak memiliki embung yang memadai. Apalagi saat musim kemarau.

Justru PDAM Kota Madiun memilih sumber air bersih dari sumur dalam. Sehingga tahun depan, pihaknya berencana membuat satu sumur dalam lagi untuk memperkuat sumber air bersih yang dimiliki PDAM.

“Ada dua alternatif lokasinya, yaitu di wilayah Kelun. Di sana sudah ada satu sumur dalam tapi kurang efektif nantinya akan dinonaktifkan. Sedangkan satu lagi di Jatisiwur. Paling memungkinkan yang mana,” terang dia, Senin (26/11/2018).

Bambang menyampaikan penggunaan sumur dalam ini sangat efektif sebagai sumber utama produk PDAM. Hal ini karena saat musim kemarau, PDAM masih bisa melayani kebutuhan konsumen. Saat musim penghujan juga tidak ada pengaruh terhadap ketersediaan air bersih. Kedalaman sumur dalam milik PDAM Kota Madiun yaitu mencapai 125 meter.

Selama ini, pihaknya tidak pernah kesulitan untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi 38.977 pelanggan karena sumber selalu tersedia.

Selain menambah sumur dalam, pihaknya juga aka menambah jaringan perpipaan di beberapa titik. Salah satunya di wilayah Ring Road. Pengembangan diarahkan ke sana karena banyak pengembang yang membangun perumahan di sana.

“Nanti kalau ada perumahan yang baru di sekitar Ring Road, kami bisa langsung melayani. Karena jaringannya sudah terpasang,” terang Bambang.

Lebih lanjut, dia menjelaskan sejumlah jaringan perpipaan PDAM Kota Madiun juga akan diperbaiki dan ditingkatkan. 

Silakan KLIK dan LIKE di sini untuk menyimak lebih banyak berita Madiun Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya