SOLOPOS.COM - Suasana salah satu toko Ace Hardware (Paulus Tandi Bone/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, SOLO — PT Bank Central Asia (BCA) menawarkan produk perbankan kepada konsumen besar Ace Hardware di Jogja, Solo, dan Magelang menggunakan rekening virtual, corporate business account (CBA).

Rekening virtual menawarkan kemudahan pembayaran transaksi serupa kartu kredit, namun sistem pembayaran CBA tidak serupa pengguna kartu kredit. Mereka menyatakan pembayaran CBA tidak melalui cicilan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Beberapa sistem pembayaran yang dimaksud, seperti tagihan dicetak setiap tanggal 25, suku bunga 1,75%, uang iuran per tahun 0,25% dari total batas kredit yang diberikan, pembayaran minimum 10% dari total tagihan, dan lain-lain. PT BCA sudah menjalin kerja sama dengan sejumlah ritel terkait penggunaan CBA, seperti Ace Hardware, Smiling Tour, dan lain-lain.

Branch Manager Grup Bisnis Consumer Card PT BCA Tbk. Cabang Jogja, Anne Surawiredja, menjelaskan CBA bukan produk baru dari BCA. Mereka sudah mengenalkan produk tahun lalu di Jakarta. Namun produk dikenalkan kali pertama di Jogja, Solo, dan Magelang pada Selasa (22/4). Salah satu strategi BCA mengenalkan produk dengan menggandeng salah satu ritel perlengkapan rumah tangga di Indonesia, Ace Hardware. Mereka menyasar pelanggan Ace Hardware pada kelas premium atau sering melalukan transaksi produk mencapai ratusan juta hingga miliar rupiah.

“Kami membantu cash flow transaksi pelanggan Ace Hardware. Sedikit mirip kartu kredit tapi lebih banyak kemudahan. Beberapa kemudahan itu adalah tidak ada plafon pinjaman dan tanpa agunan. Pelanggan tinggal sebut nomor rekening virtual saat transaksi maka belanja tidak perlu tunai,” kata Anne saat ditemui wartawan di sela-sela acara gathering pelanggan Ace Hardware dengan PT BCA Tbk. di Diamond Solo Convention Center (DSCC), Selasa (22/4/2014).

Dia menjelaskan produk tersebut diharapkan dapat mengurangi human error saat transaksi dalam jumlah besar. Namun dia mengaku tidak memasang target capaian nasabah. Dia mengakui apabila belum semua pelanggan Ace Hardware berkenan dengan produk.

“Kami menyasar perusahaan, kantor, dan instansi yang membutuhkan transaksi besar pada ritel yang bekerja sama dengan BCA. Kami hanya ingin membantu pelanggan. Kami enggak memasang target. Semua kembali kepada nasabah dan perusahaan. Ini seperti dana talangan,” imbuh dia.

Ditemui di tempat terpisah, Store Manager Ace Hardware Solo Paragon Mall, Supriyandi Bayuajie, menyampaikan harapan kerja sama tersebut dapat meningkatkan pelayanan kepada ratusan pelanggan kelas premium dari total 10.000 pelanggan AceHardware. Dia menilai program tersebut akan menguntungkan kedua pihak.

Bahkan dia memasang target pertumbuhan pelanggan mencapai 20% dibanding tahun lalu melalui kemudahan yang ditawarkan. “Kami ingin memberikan kemudahan kepada pelanggan setia. Mereka tidak akan mengalami kesulitan cicilan, tempo, pembayaran dan lain-lain. Ini akan menguntungkan dua pihak,” ungkap Supriyandi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya