SOLOPOS.COM - Pemantauan dan pengaturan sistem distribusi tenaga listrik Jatim melalui layar monitor di Area Pengatur Distribusi (APD) Jatim di Surabaya. (JIBI/Solopos/Antara/Didik Suhartono)

Layanan listrik di Jatim selama musim penghujan mendatang dijamin PLN tidak akan terganggu pemadaman. Benarkah?

Madiunpos.com, SURABAYA — PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur menjamin musim penghujan 2015 mendatang nakal bebas dari gangguan pelayanan listrik. Jaminan tak bakal mati lampu itu dikemukakan karena PLN mengklaim telah melakukan antisipasi datangnya musim penghujan dengan berbagai perbaikan sarana dan fasilitas.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Deputi Manager Komunikasi dan Bina Lingkungan PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur, Pinto Raharjo, di Surabaya, Jumat (13/11/2015), mengatakan, sejak kemarau PLN Jatim sudah melakukan perawatan, pemeliharaan jaringan kabel listrik serta trafo secara rutin. “PLN tidak akan melakukan pemadaman listrik sepanjang tidak ada masalah yang bisa membahayakan. Hanya saja memang situasional, sebab cuaca yang tidak menentu seperti hujan disertai angin kencang seringkali menumbangkan pohon yang bisa mengenai jaringan listrik,” katanya.

Ia menjelaskan, antisipasi yang telah dilakukan antara lain sejak Juli 2015 telah menurunkan tim panjat tiang dengan aktifitas pembersihan alat-alat dan material terkait aliran listrik di setiap jaringan hingga tuntas. Pembersihan dilakukan dengan pencucian pada material yang rentan terhadap debu saat hujan turun, termasuk di antaranya pemeriksaan trafo dengan menyiapkan material cadangan seperti kabel, tiang listrik dan trafo.

Ia berharap, dengan adanya antisipasi sejak awal, kedatangan musim hujan tidak menjadi masalah lagi bagi PLN, serta tidak terjadi pemadaman listrik akibat musim hujan. “Kalau ada gangguan, kami menjanjikan bisa diselesaikan dalam waktu kurang lebih dua jam, dan aliran listrik sudah menyala kembali,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya