SOLOPOS.COM - Dua karyawan PT PLN Distribusi Jateng-DIY (tengah) saat memperagakan kecanggihan kendaraan Articulating yang akan membantu tugas tim Jaka Tingkir dalam mengatasi gangguan listrik pada Peluncuran Pasukan Jaka Tingkir di halaman depan Kantor PT PLN Distribusi Jateng-DIY, Senin (9/1/2017). (Imam Yuda Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

Layanan listrik kian ditingkatkan oleh PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DJTY) dengan membentuk Pasukan Jaka Tingkir.

Semarangpos.com, SEMARANG – PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Tengah dan Daerah Istrimewa Yogyakarta (DJTY) memulai awal tahun 2017 ini dengan membentuk Pasukan Jaka Tingkir. Pasukan atau tim yang terdiri atas teknisi listrik PLN itu diklaim mampu mengatasi gangguan listrik yang terjadi secara cepat, yakni hanya dalam tempo dua jam.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Direktur PT PLN Regional Jawa Bagian Tengah, Nasri Sebayang, menjelaskan Jaka Tingkir merupakan singkatan dari Jaga Keandalan Tingkatkan Kualitas dan Intergitas Resources. Tim ini terdiri atas para tenaga muda pilihan PLN yang dibentuk guna mengatasi gangguan listrik secara cepat.

“Saat ini ada 60 orang yang tergabung dalam tim Jaka Tingkir ini. Mereka tersebar di berbagai daerah di Jateng dan DIY, yakni Semarang dua regu, Kudus, Pekalongan, Tegal, Purwokerto, Cilacap, Jogja, Magelang, Salatiga, Klaten, dan Solo, masing-masing satu regu,” tutur Nasri saat dijumpai wartawan seusai mengukuhkan Pasukan Jaka Tingkir di halaman depan Kantor PLN DJTY, Senin (9/1/2016).

Nasri berharap keberadaan Pasukan Jaka Tingkir itu bisa meminimalisasi gangguan yang bisa memicu ketidakpuasan pelanggan, seperti pemadaman listrik akibat distribusi yang kurang lancar, maupun pemeliharaan listrik di area tegangan besar. “Fungsi regu ini sangat besar bagi peningkatan pelayanan kami kepada konsumen. Tim ini akan mengatasi setiap gangguan dengan cepat,” imbuh Nasri.

Nasri menambahkan tim reaksi cepat yang bertugas membenahi gangguan itu baru ada dua di Indonesia. Selain Tim Jaka Tingkir milik PLN DJTY, tim serupa juga sudah ada di PLN Jawa Bagian Barat dengan nama Pasopati.

Sementara itu, Deputi Manajer Komunikasi Bina Lingkungan PLN DJTY, Hardian Sakti Laksana, menyebutkan selain regu Jaka Tingkir, dalam meningkatkan pelayanan terhadap konsumen PT PLN DJTY juga memiliki regu lain yang berfungsi mengatasi gangguan listrik, yakni Pasukan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB).

PDKB merupakan tim yang akan memperbaiki listrik tanpa harus melakukan pemadaman. Tim ini akan dibagi menjadi dua regu, yakni PDKB Sentuh Langsung dan PDKB Metode Berjarak.

“PDKB Sentuh Langsung nanti kerjanya akan lebih cepat daripada PDKB Metode Berjarak karena dilengkapi dua peralatan modern, yakni kendaraan model Articulating dan Teleskopic. Untuk sementara, kami baru meluncurkan dua jenis kendaraan Articulating, yakni untuk wilayah Semarang dan Solo. Sementara, kendaraan Teleskopic baru kami luncurkan April nanti untuk area Yogyakarta dan Kudus,” beber Hardian.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya