SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO –– Sejumlah fasilitas Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat Solo (PKMS) jenis silver bakal meningkat mulai 2014. Hal ini lantaran nilai klaim PKMS silver naik dari Rp2 juta menjadi Rp5 juta.

Salah satu fasilitas yang mengalami peningkatan yakni intensitas penggunaan PKMS silver untuk cuci darah. Masyarakat bisa memanfaatkan PKMS silver untuk cuci darah gratis sebanyak 15 kali mulai tahun depan.
Rencana peningkatan tersebut diakui oleh Ketua Komisi IV DPRD Solo, Teguh Prakosa.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Soal rencana peningkatan cuci darah melalui PKMS silver memang pernah disampaikan oleh Dinas Kesehatan Kota (DKK) mengalami peningkatan menjadi 15 kali cuci darah. Nanti akan kami bahas lebih detail saat rapat dengan DKK pekan ini,” ungkap Ketua Komisi IV DPRD Solo, Teguh Prakosa, Senin (28/10/2013).

Ekspedisi Mudik 2024

Teguh menuturkan selain intensitas cuci darah, fasilitas kemoterapi melalui PKMS silver juga meningkat.
“Kemoterapi juga meningkat dari satu seri kemoterapi nanti ditingkatkan menjadi dua seri. Untuk satu seri kemoterapi itu bisa delapan kali suntikan tergantung obatnya,” urai dia.

Disampaikannya, berdasarkan penjelasan dari DKK ke Komisi IV sebelum pembahasan Kebijakan Umum APBD dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) 2014, selain naiknya nilai klaim PKMS silver yang berdampak pada peningkatan sejumlah fasilitas, rencana bergulirnya PKMS kader juga disampaikan.

“Tetapi, saat pembahasan rencana PKMS kader belum diakomodir karena perlu persiapan. Harus ada data detail terlebih dahulu. Tiap kelurahan ada SK soal kader-kader yang akan menerima program tersebut,” katanya.

Sementara itu, Anggota Komisi IV, Umar Hasyim, mengatakan intensitas layanan cuci darah melalui PKMS silver selama ini baru enam kali. Sementara, penggunaan layanan cuci darah melalui PKMS jenis gold tak terbatas.

Dijelaskannya, DKK sudah memiliki perhitungan anggaran soal peningkatan layanan khususnya cuci darah mulai tahun depan. Alhasil, pihaknya meyakini pagu anggaran PKMS tahun depan yang rencananya dipasang Rp20 miliar tak bakal jebol lantaran ada peningkatan intensitas layanan cuci darah PKMS silver.

“Tetapi nanti tetap kami evaluasi penggunaan layanan PKMS ini. Tentunya ada konsekuensi dari peningkatan nilai klaim PKMS silver itu. Bisa saja, tadinya Rp2 juta sekarang ditingkatkan jadi Rp5 juta pendaftar PKMS silver jadi meningkat,” urainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya