SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Kondisi gedung puskesmas dinilai tidak sesuai dengan perencanaan pembangunan sehingga menghambat kelancaran pelayanan.

Harianjogja.com, KULONPROGO-Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kulonprogo melakukan inspeksi mendadak di Puskesmas Girimulyo I, Desa Giripurwo, Kecamatan Girimulyo, Kulonprogo, Senin (6/2/2017). Kondisi gedung puskesmas dinilai tidak sesuai dengan perencanaan pembangunan sehingga menghambat kelancaran pelayanan kesehatan

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hal itu diungkapkan anggota Komisi IV DPRD Kulonprogo, Agung Raharjo, saat dikonfirmasi pada Senin sore. Dia mengatakan, tim sidak menemukan adanya perbedaan antara desain dalam perencanaan pembangunan dengan hasil ekskusi di lapangan. Salah satu dampaknya adalah ambulans menjadi tidak bisa mendekat hingga depan Unit Gawat Darurat (UGD).

Ekspedisi Mudik 2024

Agung mengungkapkan, masalah itu tidak bisa dianggap remeh sehingga mesti mendapatkan solusi dari pemerintah. Menurutnya, layanan ambulans sangat krusial pada kondisi darurat. Pasien tidak akan mendapatkan pelayanan secara optimal apabila ambulans tidak bisa mendekat, terlebih saat terjadi hujan. “Kalau hujan, kasihan pasiennya. Penanganannya pasti menjadi tidak bisa optimal,” kata Agung.

Wakil Ketua DPRD Kulonprogo, Lajiyo Yok Mulyono memaparkan, pembangunan Puskesmas Girimulyo I telah dinyatakan selesai pada Desember 2016. Namun, dia merasa heran karena masih ada kegiatan pembangunan saat tim sidak datang. Jika pembangunan memang belum selesai, hal itu jelas bisa mempengaruhi kualitas pelayanan kesehatan. Dia lalu berharap Pemkab Kulonprogo tanggap terhadap permasalahan itu. “Dinkes Kulonprogo perlu mendesak rekanan untuk segera menuntaskan pembangunan. Jangan masyarakat yang dikorbankan,” ujar Lajiyo.

Sementara itu, Kepada Dinas Kesehatan Kulonprogo, Bambang Haryatno menegaskan pembangunan Puskesmas Girimulyo I sudah selesai. Walau begitu, dia tidak memungkiri jika ada beberapa pekerjaan yang harus diperbaiki. Itulah mengatakan rekanan masih tampak seperti melakukan kegiatan pembangunan. “Ini sebenarnya hanya masa pemeliharaan saja. Pembangunan sudah selesai,” ungkap Bambang.

Bambang lalu mengakui pembangunan Puskesmas Girimulyo mengalami sedikit permasalah. Salah satunya adalah cuaca buruk. Pembangunan bangket atau talud di sekitar bangunan puskesmas sempat longsor beberapa kali karena hujan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya