SOLOPOS.COM - Logo PT KAI/dok

Logo PT KAI/dok

BANDUNG—PT Kereta Api Indonesia melayani angkutan pada libur Natal dan Tahun Baru 2013 mulai 20 Desember hingga 6 Januari 2013.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Layanan KA Natal dan Tahun Baru 2013 selama 16 hari, kami antisipasi kemungkinan terjadi peningkatan jumlah pemesanan tiket, namun kapasitas angkut semua kelas 100 persen pas tempat duduk,” kata Kepala Humas PT KA Daop II Bandung Bambang Setya Prayitno di Bandung, Senin (17/2012).

Menurut Bambang, pihaknya telah menyiapkan rencana operasi (Renop) untuk angkutan akhir tahun ini, sekaligus akan membangun posko khusus untuk menangani angkutan Natal dan Tahun Baru 2013. Seperti halnya saat melayani angkutan Lebaran 2012, kata dia, angkutan akhir tahun 2012 ini juga dilakukan dengan maksimal, dengan mengerahkan sebagian besar karyawannya.

“Fokus pelayanan di stasiun, termasuk memantau terus perkembangan pemesanan tiket online yang saat ini lebih banyak dilakukan oleh calon penumpang,” kata Bambang.

Pada Minggu (16/12/2012), perkembangan pemesanan tiket KA dari Bandung ke sejumlah jurusan ke Jateng, Yogyakarta dan Jatim sudah di atas 90 persen baik itu kelas komersial maupun ekonomi.

“Peningkatan penumpang terjadi pada Jumat (21/12/2012) karena hari terakhir kerja. dimana Senin (24/12/2012) menjadi hari libur bersama. Kami antisipasi peningkatan penumpang di sana,” katanya.

Untuk mengantisipasi peningkatan penumpang, PTKA Daop II Bandung telah menyediakan sejumlah kereka untuk ditambahkan di rangkaian KA reguler baik komersial maupun ekonomi. Penambahan kereta dilakukan satu hingga tiga unit untuk setiap rangkaiannya. Dan pemesanan tiketnya dilakukan melalui online.

“Tiket dilakukan secara online. Khusus untuk tarif KA komersial ada penyesuian tarif yang disesuaikan dengan mekanisme pasar batas atas dan batas bawah. untuk tiket ekonomi tidak ada perubahan,” kata Bambang.

Selain itu, PTKA juga melakukan penambahan frekuensi patroli jalan khususnya di daerah rawan bencana gerakan tanah dan banjir. “Pengecekan jalur ditingkatkan di musim penghujan ini, juru periksa jalan melakukan peningkatan pemeriksaan jalur khususnya di jalur rawan gerakan tanah,” kata Kepala Humas PTKA Daop II Bandung itu menambahkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya