Layaknya Pesawat, Mobil Juga Dilengkapi Black Box, Ini Fungsinya

Black Box pada mobil sudah mulai dikembangkan sejak 1994. Amerika Serikat menjadi negara yang sudah menerapkan teknologi ini. Black Box pada mobil sudah mulai dikembangkan sejak 1994. Amerika Serikat menjadi negara yang sudah menerapkan teknologi ini.

 Petugas mengevakuasi mobil Pajero nopol B 1264 BJU yang ditumpangi artis Vanessa Angel dan keluarganya usai mengalami kecelakaan di ruas tol Jombang-Mojokerto KM 672 arah Surabaya di Bandarkedungmulyo, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Kamis (4/11/2021).Kecelakaan tersebut menewaskan Vanessa Angel dan suaminya Febri Ardiansyah, sementara tiga orang penumpang lainnya mengalami luka-luka.  ANTARA FOTO/Syaiful Arif/nz

SOLOPOS.COM - Petugas mengevakuasi mobil Pajero nopol B 1264 BJU yang ditumpangi artis Vanessa Angel dan keluarganya usai mengalami kecelakaan di ruas tol Jombang-Mojokerto KM 672 arah Surabaya di Bandarkedungmulyo, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Kamis (4/11/2021).Kecelakaan tersebut menewaskan Vanessa Angel dan suaminya Febri Ardiansyah, sementara tiga orang penumpang lainnya mengalami luka-luka. ANTARA FOTO/Syaiful Arif/nz

Solopos.com, Jakarta — Perangkat black box yang sering dicari petugas ketika terjadi musibah kecelekaan pesawat, ternyata alat itu juga sudah disematkan di dalam mobil.

Hal ini sudah mulai dikembangkan sejak 1994 silam. Amerika Serikat menjadi negara yang sudah menerapkan teknologi tersebut.

Seperti halnya pada pesawat terbang, komponen ini juga dipergunakan untuk penyelidikan ketika terjadi kecelakaan. Bahkan, melalui black box ini pihak berwajib juga bisa mengungkap terkait pelanggaran lalu lintas yang terjadi.

Baca juga: Ini Bukti Hyundai Mantap Pimpin Era Elektrifikasi di Indonesia

Saat kecelakaan yang menewaskan Vanessa Angel beberapa waktu lalu, pihak kepolisian sudah mengirim benda sebagai black box mobil ini ke Jepang. Tujuannya untuk diidentifikasi dan mengungkap bagaimana kecelakaan itu bisa terjadi.

Adapun beberapa data yang dapat diungkap melalui black box ini, antara lain adalah kecepatan yang ditempuh oleh mobil tersebut. Selain itu, melalui komponen ini penyelidik dapat melihat apakah titik pengereman yang dilakukan oleh pengemudi terjadi kesalahan atau tidak.

Bukan hanya itu, ada informasi lainnya yang juga dapat diungkap melalui membedah black box ini. Seperti apakah fitur keselamatan seperti airbag yang disematkan berfungsi dengan baik atau tidak. Serta, apakah saat mengembang airbag tersebut tepat waktu atau ada delay saat terjadi benturan.

Baca juga: Yuk Intip Koleksi Mobil Ole Gunnar Solskjaer yang Baru Dipecat MU

Dalam penjelasannya, pembalap touring Toyota Team Indonesia, Haridarma Manoppo, membeberkan perihal manfaat dari data logger yang disematkan pada Toyota Yaris. Yang digeber untuk ajang balap Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM).

“Ya namanya juga data logger, semua datanya tersimpan dan tercatat. Mulai dari kecepatan, rpm, terus data-data mesin, temperatur mesin, itu semua kesimpen di situ. Jadi kalau ada kejadian mesin mobil balap jebol, itu bisa ketahuan dari mana asalnya melalui data logger ini,” jelas Haridarma Manoppo dikutip dari Liputan6.com.

Melalui data logger ini, segala kerusakan atau settingan mesin yang kurang maksimal bisa terdeteksi. Bahkan, melalui black box mobil tersebut sistem bisa membaca penyebab mesin yang kurang maksimal.

“Contoh misalnya mesinnya bermasalah dan tiba-tiba panas, kita bisa tahu dari lap ke berapa mesin ini overheat. Dan itu akan kelihatan dari mana dan apa yang menjadi penyebabnya,” tambah Haridarma.

 

Berita Terkait

Espos Plus

Jaksa Ajukan Banding, Jurnalis Tempo Masih Dilindungi LPSK

+ PLUS Jaksa Ajukan Banding, Jurnalis Tempo Masih Dilindungi LPSK

Jurnalis Tempo di Kota Surabaya, Jawa Timur, Nurhadi, hingga kini masih dalam perlindungan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK). Jaksa penuntut umum mengajukan banding atas vonis terhadap dua polisi penganiaya Nurhadi.

Berita Terkini

Wacana Program Mobil Rakyat Bergulir, Ini Prediksi Penjualan Mobil di 2022

Proyeksi pasar juga tergantung dari persetujuan mobil rakyat yang tentunya akan berdampak positif bagi pasar otomotif tahun 2022 ini.

Jangan Lupa Lur! Cek Setang Secara Berkala Agar Aman Berkendara

Pengecekan setang secara berkala perlu dilakukan agar bisa berkendara secara aman.

Raih Market Share 17,5% pada 2021, Ini Produk Daihatsu Paling Digemari

Daihatsu merilis hasil penjualan sepanjang 2021 dengan capaian positif. Hal ini ditandai dengan hasil penjualan ritel dengan raihan 151.107 unit, dengan market share sebesar 17,5%.

AHM Sumbang 49% dari Total Ekspor Motor RI, Segmen Skutik Mendominasi

PT Astra Honda Motor (AHM) menutup tahun 2021 dengan catatan ekspor yang gemilang. Sebanyak 392.829 unit sepeda motor berhasil diekspor tahun lalu.

Yamaha Fazzio Hybryd-Connected Klasik dan Berkelas, Segini Harganya

Yamaha Fazzio yang baru diluncurkan sekaligus menjadi awal dari jajaran produk di kategori terbaru, Classy Yamaha.

Cara Ganti Filter Oli, Ini Tips dari OtoKlix!

Disadur dari Aplikasi Bengkel Mobil, OtoKlix.Com, ada beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk dapat mengganti filter oli secara benar.

Pengumuman! Tiket Moto GP Bisa Dibeli di Gelaran IIMS 2022

Para pecinta Moto GP bisa langsung membeli tiketnya selama Indonesia International Motor Show (IIMS) berlangsung sejak 17 Februari 2022.

Ketika Keunggulan Hyundai Creta Dijajal Awak Media

Kegiatan test drive Hyundai CRETA bagi awak media ini dilaksanakan di area pabrik manufaktur Hyundai Motor di Deltamas,Cikarang.

Capaian Positif Penjualan MMKSI di Tahun 2021

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) membukukan capaian positif untuk penjualan retail kendaraan penumpang maupun niaga ringan.

Yang Baru dari Jeep Wrangler 4xe 2022

Untuk tahun 2022, jajaran Wrangler 4xe lebih ditingkatkan dengan konten teknologi canggih dan serangkaian fitur ADAS generasi terakhir.

Lexus Bawa Dua Kendaraan Berkonsep Off Road ke Tokyo Auto Salon 2022

Lexus bawa dua kendaraan berkonsep off road yakni NX PHEV dan ROV ke Tokyo Auto Salon 2022.

Debut 2 Mobil Konsep Mitsubishi di Tokyo Auto Salon 2022, Apa Saja?

Mengusung tema, The Next Era, The Next Adventure, Mitsubishi Motors Corporation memamerkan tujuh model, termasuk dua mobil konsep.

Honda Daftarkan Motor Listrik U-GO di Indonesia, Rilis Kapan?

Honda sudah mendaftarkan motor listriknya, U-GO di Pangkalan Data dan Kekayaan Intelektual Kemenkumham Indonesia.

Tak Perlu Antre, Janjian Service Mobil Mitsubishi Pakai Aplikasi MMID

Selain aplikasi MMID, sebagian konsumen melakukan perjanjian service mobil melalui Whatsapp dan telepon.

Sst... Ada Robobus Beroperasi Tanpa Setir, Pedal Gas dan Pedal Rem

Jangan kaget jika di Guangshou International Bio Island, China naik minibus Robobus tidak menjumpai pengemudi.

Bikin Penggunanya Makin Eksis, Ini Teknologi dan Fitur Daihatsu Rocky

Sebagai mobil compact SUV berkapasitas 5 penumpang yang stylish dan modern, Daihatsu Rocky cocok bagi mereka yang berjiwa muda dan aktif.