SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Zhu Zheng, 17, remaja pria yang merupakan siswa kelas XI di salah satu sekolahan di Wthan Hubei, China viral di media sosial atas kisah inspiratifnya. Remaja itu terkenal setelah catatan jadwal belajarnya diketahui oleh gurunya di sekolah yang membagikannya di media sosial.

Dikutip dari South China Morning Post, Senin (29/4/2019), Zhu Zheng memiliki jadwal belajar selama 17 jam dalam sehari. Itu artinya, Zhu Zheng hanya memiliki waktu tujuh jam tanpa belajar.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Berdasarkan jadwal, Zhu belajar mulai pukul 06.40 hingga pukul 23.50 setiap harinya. Di sela-sela hari liburnya, ia mengambil ekstrakulikuler matematika dan menghabiskan sisa waktu untuk mengulas mata pelajaran. Remaja 17 tahun itu hanya beristirahat selama 30 menit untuk tidur setelah makan siang dan beberapa menit untuk makan makanan kecil.

Ia berprinsip bahwa tak ada kata liburan dalam hidup. “Hidup tidak mengenal liburan musim dingin atau liburan musim panas. Sukses bisa datang terlambat dan kita tak cukup tangguh untuk mengatasinya,” kata Zhu Zheng.

Tujuan dari kerasnya ia belajar juga sangat inspiratif. Zhu Zheng yang berasal dari keluarga tak mampu rela belajar selama 17 jam dalam sehari agar kelak bisa mendapatkan pekerjaan layak dan mengentaskan keluarganya dari jerat kemiskinan.

Zhu Zheng memang dikenal sebagai murid pintar di sekolahnya. Ia pernah memenangkan juara pertama kompetisi matematika. Atas prestasinya itu, Zhu Zheng direkomendasikan untuk mengikuti pelatihan intensif di Universitas Tsinghua, Beijing, China.

Selama pelatihan, Zhu Zheng selalu memakai seragam sekolah, tak seperti peserta lain yang mengenakan pakaian bebas. Ternyata, Zhu Zheng memang sudah berjanji tidak akan membeli baju baru selama setahun untuk menghemat uang.

Remaja yang viral dengan kisah inspiratifnya itu megaku selalu memotiviasi diri sendiri dengan beragam cara. Ia bahkan menahan diri untuk tak pernah menyentuh ponsel hingga kini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya