Layak Ditiru! Remaja Ini Belajar 17 Jam Sehari
Ilustrasi pendidikan. (Reuters-Ammar Awad)

Solopos.com, SOLO — Zhu Zheng, 17, remaja pria yang merupakan siswa kelas XI di salah satu sekolahan di Wthan Hubei, China viral di media sosial atas kisah inspiratifnya. Remaja itu terkenal setelah catatan jadwal belajarnya diketahui oleh gurunya di sekolah yang membagikannya di media sosial.

Dikutip dari South China Morning Post, Senin (29/4/2019), Zhu Zheng memiliki jadwal belajar selama 17 jam dalam sehari. Itu artinya, Zhu Zheng hanya memiliki waktu tujuh jam tanpa belajar.

Berdasarkan jadwal, Zhu belajar mulai pukul 06.40 hingga pukul 23.50 setiap harinya. Di sela-sela hari liburnya, ia mengambil ekstrakulikuler matematika dan menghabiskan sisa waktu untuk mengulas mata pelajaran. Remaja 17 tahun itu hanya beristirahat selama 30 menit untuk tidur setelah makan siang dan beberapa menit untuk makan makanan kecil.

Ia berprinsip bahwa tak ada kata liburan dalam hidup. "Hidup tidak mengenal liburan musim dingin atau liburan musim panas. Sukses bisa datang terlambat dan kita tak cukup tangguh untuk mengatasinya," kata Zhu Zheng.

Tujuan dari kerasnya ia belajar juga sangat inspiratif. Zhu Zheng yang berasal dari keluarga tak mampu rela belajar selama 17 jam dalam sehari agar kelak bisa mendapatkan pekerjaan layak dan mengentaskan keluarganya dari jerat kemiskinan.

Zhu Zheng memang dikenal sebagai murid pintar di sekolahnya. Ia pernah memenangkan juara pertama kompetisi matematika. Atas prestasinya itu, Zhu Zheng direkomendasikan untuk mengikuti pelatihan intensif di Universitas Tsinghua, Beijing, China.

Selama pelatihan, Zhu Zheng selalu memakai seragam sekolah, tak seperti peserta lain yang mengenakan pakaian bebas. Ternyata, Zhu Zheng memang sudah berjanji tidak akan membeli baju baru selama setahun untuk menghemat uang.

Remaja yang viral dengan kisah inspiratifnya itu megaku selalu memotiviasi diri sendiri dengan beragam cara. Ia bahkan menahan diri untuk tak pernah menyentuh ponsel hingga kini.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom