SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA — Pelatih Timnas Indonesia, Bima Sakti, berencana melakukan rotasi pemain saat timnya melawan Timor Leste pada matchday kedua Grup B Piala AFF di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa (13/11/2018) pukul 19.00 WIB.

Juru taktik berusia 42 tahun tersebut mengaku akan melakukan perubahan dalam line-up Tim Garuda, julukan Indonesia, dibandingkan ketika kalah 0-1 dari Singapura pada macthday pembuka lalu. Bima Sakti membuka peluang pemain-pemain senior untuk tampil sejak menit awal pada pertandingan nanti.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Kami pasti melakukan rotasi pemain. Pemain senior berpengalaman di timnas akan kami beri kesempatan bermain,” ujar Bima, seperti dilansir Antara, Senin (12/11).

Saat melawan Singapura, Bima “hanya” menurunkan tiga pemain dengan catatan lebih dari 10 cap. Mereka adalah Stefano Lilipaly, Rizki Pora, dan Fachruddin Arianto. Praktis tinggal dua nama pemain Indonesia yang mengantongi lebih dari 10 cap yang belum tampil di Piala AFF 2018. Mereka adalah Andik Vermansah dan Bayu Pradana. Andik dan Bayu menghuni bangku cadangan sepanjang pertandingan Indonesia versus Singapura.

Namun, kesempatan mencicipi line-up sepertinya tidak hanya milik pemain-pemain dnegan jam terbang tinggi di Tim Garuda. Winger Persija Jakarta yang baru mengantongi dua cap, Riko Simanjuntak, pantas dipertimbangkan bermain sebagai starter. Saat melawan Singapura, pemilik tinggi badan 158 cm tersebut turun di awal babak kedua menggantikan Irfan Jaya.

Riko bisa menjadi pengganti Febri Hariyadi sisi sayap kiri atau Irfan Jaya di sayap kanan di line-up nanti. Febri dan Irfan mendapat pengawalan ketat saat melawan Singapura. Sehingga pasukan bola-bola silang yang menjadi ciri khas permainan Indonesia sejak ditangani Luis Milla tidak terlihat di Singapura.

Dalam catatan Fox Sports, Riko termasuk sebagai pemain dengan postur tubuh terpendek di Piala AFF 2018. Dia mengalahkan kompatriotnya, Irfan Jaya, yang memiliki postur tinggi 162 cm. Meski berperawakan mungil, pergerakan lincah Riko diharapkan bisa menghasilkan umpan-umpan matang yang bisa dituntaskan sebagai gol oleh Alberto “Beto” Goncalves atau Stefano Lilipaly. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya