Lawan Kroasia, Spanyol Diperkuat 3 Pemain Anyar
Spanyol (Reuters-Jorge Silva)

Solopos.com, ZAGREB — Menolak kemapanan tampaknya menjadi salah satu ide yang dikembangkan Luis Enrique di Timnas Spanyol. Alih-alih mematangkan pemain untuk menjadi starter, eks Manajer Barcelona itu hobi gonta-ganti skuat di pertandingan berlabel persahabatan maupun UEFA Nations League. Sesuatu yang cukup jarang terjadi saat Spanyol masih dipegang Vicente Del Bosque.

Pandangan untuk terus memberi kesempatan pemain baru tak lepas dari kegagalan Tim Matador di Piala Dunia 2018. Di sisi lain, kebijakan Enrique tersebut juga menandakan banyaknya potensi pemain Spanyol di Liga Primera yang belum tersentuh. Saat melawat ke markas Kroasia di Stadion Maksimir, Zagreb, Jumat (16/11/2018) dini hari WIB, Enrique membawa tiga muka baru yakni gelandang Villareal, Pablo Fornals, bek Espanyol, Mario Hermoso, dan bintang muda Celta Vigo, Brais Mendez.

“Memang ada beberapa pemain anyar, kami punya sangat banyak pemain yang bisa masuk [ke Timnas],” ujar Enrique seperti dilansir Football Espana, Rabu (14/11/2018).

Ketiga pemain tersebut memang bukan pemain sembarangan. Ketangguhan Hermoso di lini belakang Espanyol mampu membawa timnya nangkring di papan atas Liga Primera. Hermoso sendiri bisa menjadi alternatif di jantung pertahanan Spanyol menyusul cedera Nacho.

Adapun Brais yang baru berusia 21 tahun sukses mengemas tiga gol bagi Celta di kompetisi domestik. Jika dipercaya turun, Brais bisa memberi ancaman serius bagi pertahanan Kroasia yang dikomando Domagoj Vida. “Hermoso dan Brais punya kemampuan bagus dan saya ingin melihat mereka bersaing di Timnas,” ucap Enrique.

Laga melawan Kroasia memang krusial bagi La Furia Roja. Jika mampu memenangi laga pamungkas tersebut, Spanyol bisa menjadi tim pertama yang lolos ke putaran final UEFA Nations League A. Dengan sembilan poin dari empat laga, Spanyol sudah tak mungkin terkejar Inggris yang baru mengumpulkan empat angka dan sisa satu pertandingan.

Masalahnya, Kroasia bakal berjuang mati-matian di laga ini untuk menghindari degradasi ke UEFA Nations League B. Luka Modric dkk. sejatinya juga masih berpeluang lolos ke putaran final andai menang melawan Spanyol dan Inggris di laga tersisa.

Enrique meyakini laga kali ini bakal berbeda dibanding saat mereka meremukkan Kroasia 6-0 di Elche beberapa waktu lalu. Meski demikian pihaknya yakin tetap bisa memetik hasil positif. Kembalinya Jordi Alba di lini belakang menambah keyakinan publik Spanyol di laga nanti. Bek sayap Barcelona itu memang tak disertakan dalam dua rangkaian laga internasional sebelumnya.

Pencoretan tersebut cukup mengejutkan mengingat Alba selalu menjadi pilihan utama Spanyol selama ini. Performanya di level klub juga kian menanjak dengan menyumbang dua gol dan delapan assist di semua ajang. “Niatku selalu kembali ke Timnas. Saya sudah menjalani start yang bagus musim ini dan saya merasa nyaman. Saya bersyukur bisa kembali,” ujar Alba sembari menepis isu keretakan hubungannya dengan Enrique, dilansir ESPN. 



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom