Lawan Corona Solo: Wakil Rakyat Ramai-Ramai Menyumbangkan Gaji
Warga berjalan di depan mural bertuliskan pesan politik di Kudus, Jateng, Selasa (9/1/2018). (JIBI/Solopos/Antara/Yusuf Nugroho)

Solopos.com, SOLO – Para wakil rakyat ramai-ramai menyumbangkan gaji mereka untuk membantu lawan persebaran virus corona di Kota Solo.

Aksi itu salah satunya seperti yang dilakukan tiga legislator Fraksi Partai Golkar (FPG) DPRD Solo, yakni satu legislator DPRD Jawa Tengah (Jateng) dari Dapil VII Jateng, Samsul Bahri, serta satu legislator DPR pusat dari Dapil V Jateng, Singgih Januratmoko.

Lowker Solo, PT Kerbau

Para wakil rakyat itu kompak menyumbangkan gaji untuk aksi lawan corona solo meliputi biaya penyemprotan disinfektan di kampung-kampung, bantuan bahan kebutuhan pokok (sembako) untuk warga kurang mampu serta pembagian masker maupun handsanitizer untuk warga.

"Total dana yang terkumpul dari sumbangan gaji teman-teman sekitar Rp70 juta. Itu sumbangan gaji selama tiga bulan," tutur Wakil Ketua DPD Partai Golkar Solo, Taufiqurrahman, saat ditemui wartawan di kantornya, Jumat (3/4/2020).

Setop Bikin Motor & Mobil karena Corona, Gaji Karyawan Suzuki Indonesia Tetap Full

Wakil Ketua DPRD Solo itu berharap semua pihak ikut membantu pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19. Konkretnya bisa dengan berbagai cara termasuk memberikan penyuluhan atau sosialisasi hidup bersih dan sehat.

"Insya Allah dana yang terkumpul dari gaji teman-teman digunakan untuk kegiatan-kegiatan penanganan Covid-19 termasuk sosialisasi dan membantu meringankan beban masyarakat. Semoga wabah ini segera berlalu," harap dia.

Gampang! Ada 2 Cara Dapatkan Token Listrik Gratis

Aksi wakil rakyat menyumbangkan gaji juga dilakukan lima legislator Fraksi PKS DPRD Solo. Mereka bersepakat menyumbangkan gaji selama dua bulan untuk digunakan penanganan Covid-19 Solo seperti penyemprotan disinfektan di kampung-kampung.

Ajak Patuh Social Distancing

Gaji yang dialokasikan untuk penanganan Covid-19 yaitu bulan April dan Mei.

Ekonomi Lesu, Pengusaha Sukoharjo Bagi-Bagi Sembako di Solo

"Penyalurannya melalui Satgas Pencegahan Covid-19 DPD PKS Solo yang sudah mulai bergerak," tutur Ketua FPKS DPRD Solo, Asih Sunjoto Putro.

Dia menyerukan kepada jajaran pejabat dan masyarakat Solo untuk menyumbangkan sebagian pendapatan guna membantu penanganan Covid-19. Salah satunya dengan membantu sembako bagi masyarakat yang kurang beruntung.

Arab Saudi Membatalkan Haji 2020? Ini Penjelasan Kemenag

"Kami juga mendukung kebijakan penyaluran bantuan sosial oleh Pemkot Solo. Kami akan jalankan fungsi pengawasan agar bansos yang sudah dialokasikan saat ini bisa benar-benar diterima masyarakat yang butuh," urai Asih.

Lebih jauh dia mengimbau masyarakat Solo untuk mengikuti anjuran pemerintah untuk menerapkan social distancing dan menjaga kebersihan diri. Caranya dengan mengurangi kegiatan di luar rumah dan rajin cuci tangan pakai sabun.

Ambruk, JPO Depan Pasar Kartasura Langsung Diperbaiki

Selama masa kejadian luar biasa (KLB) virus Corona Solo, menurut Asih, semua pihak harus bahu membahu menanggulanginya.

"Dengan mengikuti anjuran pemerintah kita membantu mengurangi risiko persebaran virus ini," ujar dia.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho