SOLOPOS.COM - Pemilik mobil bersama BPBD Klaten mengecek kondisi mobil yang ringsek akibat tertimpa pohon tumbang di Jl. Mayor Kusmanto, Desa Sekarsuli, Kecamatan Klaten Utara, Selasa (4/10/2022) siang. (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Sebanyak satu pohon sonokeling di tepi Jl. Mayor Kusmanto, Desa Sekarsuli, Kecamatan Klaten Utara ambruk, Selasa (4/10/2022) pukul 11.00 WIB. Pohon sonokeling yang ambruk itu menimpa satu unit mobil yang saat kejadian melintas di bawah pohon tersebut.

Kejadian itu bermula saat mobil yang dikemudikan Aslakul, warga Kabupaten Temanggung melintas dari arah utara atau Bramen menuju ke arah kota Klaten. Aslakul dalam perjalanan pulang seusai mengantarkan anaknya berobat di wilayah Kecamatan Klaten Utara. Di dalam mobil ada empat orang termasuk Aslakul dan anaknya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Secara tiba-tiba, pohon sonokeling berumur sekitar 50 tahun dengan diameter 60 sentimeter dan tinggi 5 meter ambruk hingga menimpa mobil yang dikemudikan Aslakul. Bagian depan mobil sedan ringsek dan kaca samping serta depan mobil pecah tertimpa pohon. Tak ada korban jiwa maupun terluka akibat kejadian tersebut.

Mengetahui ada kejadian peristiwa itu, TRC BPBD Klaten serta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Klaten mendatangi lokasi guna memangkas dan menyingkirkan pohon yang tumbang menimpa mobil. Proses pemangkasan dan menyingkirkan pohon tumbang sekitar 30 menit.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Klaten, Rujedi Endro Suseno, menjelaskan di dalam mobil ada empat orang. Sebanyak tiga orang sudah dipulangkan ke Temanggung menggunakan ambulans MDMC.

Baca Juga: Heroik, Tim Damkar Klaten Selamatkan Kucing yang Sepekan Terjebak di Sumur

“Saat itu, korban dalam perjalanan pulang setelah mengobatkan anaknya yang masih balita di wilayah Sangkalputung dan ada kejadian tersebut. Tidak ada korban. Penumpang sebanyak tiga orang termasuk anak dari pengemudi mobil dipulangkan menggunakan ambulans,” jelas Rujedi saat ditemui di lokasi kejadian.

Rujedi mengatakan saat kejadian tidak ada angin ribut maupun hujan. Kondisi cuaca di lokasi cerah. Pohon tersebut tumbang lantaran sudah lapuk.

“Pohon lapuk. Pada bagian bawah ada rongga. Tadi langsung ditangani,” kata dia.

Atas kejadian itu, pohon lainnya di sekitar lokasi dengan kondisi lapuk sekalian dipangkas agar tak ada kejadian serupa.

Baca Juga: Klaten Masuki Musim Pancaroba, Waspadai Potensi Angin Kencang

“Betul, nanti akan dipetakan bersama dinas terkait bareng-bareng mengecek bersama dinas terkait, mana saja pohon yang kondisinya lapuk dan rawan ambruk segera dilakukan pemangkasan,” jelas Rujedi.

Pemilik mobil, Aslakul, mengatakan saat itu dia dalam perjalanan pulang menuju Temanggung. Baru kali ini dia melintas di ruas Jl. Mayor Kusmanto. Aslakul juga memastikan tidak ada yang terluka akibat kejadian tersebut.

“Ada empat orang. Yang tiga orang sudah dibawa pulang,” kata Aslakul saat ditemui di sela memperbaiki mobil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya