SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi


SLEMAN-Polda DIY segera menyebar sketsa wajah pelaku penyerangan Lapas Sleman. Meski demikian, penyebaran tersebut bisa berdampak baik dan buruk yang harus diantisipasi pihak kepolisian.

Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Siti Noor Laila mengatakan telah mengetahui rencana kepolisian yang akan menyebar sketsa wajah pelaku penyerangan. Apapun yang dilakukan kepolisian dalam mengungkap kasus tersebut, pada dasarnya pihaknya mendukung.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Namun, perihal penyebaran sketsa wajah pelaku, lanjut Siti, kepolisian harus menyiapkan antisipasi setelah sketsa wajah disebar. Karena sangat memungkinkan bagi pelaku penyerangan kabur terlebih dahulu jika sketsa wajah mulai disebar.  Sedangkan sisi positifnya jika segera disebar maka publik bisa membantu memberikan informasi terkait keberadaan pelaku.

“Ada plus dan minusnya, pertama memang kalau disebar nanti bisa diinformasikan kepada masyarakat untuk memberitahukan keberadaan pelaku. Namun sangat memungkinkan pelaku tersebut kabur, nah ini yang harus diantisipasi kepolisian,” kata Siti melalui sambungan telepon, Senin (1/4/2013).

Pembahasan yang mengarah pada pembuatan sketsa wajah pelaku diakui Siti sempat terlontar saat pertemuannya dengan Kapolda DIY pekan lalu. Meski demikian, saat investigasi pihaknya hanya mendapatkan data satu wajah pelaku saja yang bisa dikenali dengan tanpa penutup wajah.

Sementara pihak kepolisian telah mengantongi dua sketsa wajah pelaku yang kini tengah diselesaikan pembuatannya.

“Saat itu kita mendapatkan satu wajah yang bisa dikenali, tetapi kita percaya kepada kepolisian karena ada pengembangan penyidikan,” ungkap Siti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya