SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi


JOGJA-Idjon Djanbi atau Rokus Bernardus Visser ternyata pernah menjadi sopir Ratu Wilhelmina. Tugas ini dijalankannya saat Perang Dunia II. Saat itu, dirinya tidak bisa pulang ke Belanda karena Negeri Kincir Angin dikuasai oleh Jerman.

Tak banyak data yang menyebutkan berapa lama Viser menjadi sopir sang ratu. Namun, dirinya juga sempat mendaftarkan diri ke dinas Ketentaraan Belanda yang mengungsi ke Britania dan membentuk kekuatan baru, beberapa waktu berselang setelah menjadi sopir.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Setelah setahun di post tersebut dia mengundurkan diri dan mendaftarkan diri di sebagai operator radio (Radioman) di pasukan Belanda ke 2 (2nd Dutch Troop).

Ekspedisi Mudik 2024

Bersama dengan pasukan sekutu, Visser merasakan operasi tempurnya yang pertama, yaitu Operasi Market Garden pada bulan September 1944, saat itu pasukan Belanda ke 2 bagian dimana Visser berada, dimasukan dalam Divisi Lintas Udara 82 Amerika Serikat.

Diterjunkan melalui pesawat layang Visser dan teman-teman Amerikanya mendarat di bagian dengan konsentrasi pasukan Jerman tinggi. Dua bulan kemudian saat dikumpulkan kembali, Visser digabungkan dengan pasukan Sekutu yang lain dan melakukan operasi pendaratan amphibi di Walcheren, sebuah kawasan pantai di Belanda bagian selatan.

Karena dianggap berprestasi maka dia disekolahkan di Sekolah Perwira sebelum di kirim ke Asia.

Selanjutnya Viser dikirmkan ke Sekolah Pasukan Para di India dan dimaksudkan bergabung dengan pasukan untuk memukul kekuatan Jepang di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya