SOLOPOS.COM - Foto Lapas Cebongan JIBI/Harian Jogja/Gigih M Hanafi

Foto Lapas Cebongan
JIBI/Harian Jogja/Gigih M Hanafi

SLEMAN-Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM), Denny Indrayana mengunjungi Lembaga Pemasyarakatan (LP) Cebongan, Sleman, Rabu (17/4). Kali ini kunjungannya lebih ditekankan pada evaluasi seusai tragedi penembakan yang terjadi pada Sabtu (23/3) lalu.

Promosi Ayo Mudik, Saatnya Uang Mengalir sampai Jauh

Dia juga mengatakan jika semua saksi harus siap jika nantinya akan dipanggil atau dihadirkan dalam persidangan. Dia yakin jalannya persidangan akan berlangsung dengan baik.

“Siapa saja yang akan dipanggil harus siap untuk hadir ke persidangan. Kami akan komunikasikan dengan pihak-pihak terkait untuk melakukan pengamanan saat persidangan berlangsung,” kata Denny yang datang ke LP Cebongan pada pukul 16.30 WIB.

Denny percaya pengamanan saat jalannnya persidangan akan berlangsung dengan baik. Dia juga optimistis situasi persidangan akan kondusif.

“Secara teknis pengamanan nanti bisa dibicarakan lagi. Tapi saya yakin besok persidangan akan berjalan sangat baik. Namun kami minta persidangan ini juga terus dikawal agar hukuman yang dijatuhkan juga setimpal,” kata Denny.

Terkait dengan standar pengamanan LP Kelas II B Cebongan, Denny mengaku sudah menyiapkan dengan baik. Pasalnya saat kejadian pengamanan juga sudah sesuai dengan standar operasi pengamanan (SOP).

“Bahkan sudah ada sipir yang mencoba mencegah namun malah terkena pukulan,” jelas Denny.

Mantan Direktur Pusat Anti Korupsi UGM itu mengaku pertemuan dengan pihak LP Kelas IIB Cebongan lebih banyak membicarakan pasca tragedi penyerangan. Beberapa masalah yang dibicarakan, di antaranya pendampingan psikologis yang bekerja sama dengan UGM dan UII maupun perlindungan saksi oleh Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK).

“Ini untuk memulihkan mental. Ini penting pasca tragedi itu. Diharapkan mereka masih memiliki rasa aman berada di dalam,” kata pria berkaca mata itu.

Saat ditanya soal pengamanan dengan perangkat IT yang belum diganti, Denny menegaskan jika seluruh LP di Indonesia sudah memiliki pengamanan IT yang bagus. Semua sudah sesuai dengan SOP yang dibutuhkan.

“Pengamanan kami sudah sesuai dengan SOP yang ada. Kami akan pertahankan SOP ini,” jelas Denny.

Terpisah, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham DIY, Rusdiyanto mengatakan untuk pengamanan dengan menggunakan CCTV di LP Cebongan kini belum maksimal. Pasalnya masih ada kamera dan server yang rusak.

“Kami sudah mengajukan penggantian CCTV dan server-nya itu. Realisasinya memang masih dalam proses, kan tidak bisa secepat pihak ketiga tapi harus sesuai jalur yang ada,” jelas Rusdiyanto.

Rusdiyanto mengaku selama ini pengamanan LP untuk siang hari masih dilakukan petugas sendiri. Sedangkan untuk malam hari pengamanan didukung personel dari Brimob.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya