SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JOGJA — Pemerintah DIY akan mendata ulang asrama mahasiswa yang ada di wilayahnya. Saat ini terdata ada 100 asrama mahasiswa yang tersebar di Sleman, Bantul dan Jogja.

“Kita akan mendata ulang semua asrama pelajar dan mahasiswa di wilayah Sleman baik yang berada di dekat kawasan kampus maupun tidak,” kata Wakil Bupati Sleman, Yuni Satya Rahayu di kantor, di Beran, Sleman, Selasa (26/3/2013).

Promosi BRI Lakukan Penyesuaian Jam Operasional Selama Ramadan, Cek Info Lengkapnya

Menurut Yuni, asrama pelajar dan mahasiswa yang akan di data terutama mengenai letak lokasi dan para penghuni asrama tersebut. “Kami juga akan mendata ulang dan melakukan evaluasi terhadap semua kafe dan tempat hiburan yang ada di Sleman sehingga tidak terjadi hal-hal yang dapat menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban,” katanya.

Ekspedisi Mudik 2024

Hal serupa juga akan dilakukan Pemerintah Kota Jogja. Pemkot Jogja akan mendata ulang semua asrama mahasiswa. Pendataan dilakukan untuk pembaruan data terutama berkaitan dengan penghuni asrama.

“Kita terakhir melakukan pendataan tahun 2008.Yang akan kita data adalah jumlah asrama, jumlah penghuni, sejarah atau asal usul asrama, berapa jumlah penghuni yang sudah lulus maupun tidak lulus,” kata Kepala Kantor Kesatuan Bangsa Kota Jogja Sukamto.

Menurut dia, di Kota Jogjasedikitnya ada 30-an asrama pelajar dan mahasiswa dari semua daerah seluruh Indonesia. Asrama mahasiswa tersebut tidak hanya didirikan oleh pemerintah provinsi namun juga pemerintah kabupaten dan kota.

“Jumlahnya memang lebih banyak baik yang berstatus sudah punya tanah dan bangunan sendiri maupun yang mengontrak rumah kemudian dijadikan asrama mahasiswa,” katanya.

Diketahui, dua dari empat tersangka pembunuhan anggota Kopassus Sertu Heru Santoso, menempati asrama mahasiswa NTT. Meski benar berasal dari NTT, mereka bukan lagi mahasiswa. Keempat orang yang dititipkan oleh Polda DIY ini tewas diberondong kelompok bersenjata di LP Cebongan Sleman, Sabtu (23/3/2013) lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya