Lapas Purwodadi Gelar Vaksinasi, Warga Binaan Pemasyarakatan Senang

Vaksinasi digelar dalam rangka Hari Bhakti Pemasyarakatan juga memastikan warga binaan pemasyarakat mendapatkan vaksin.

 Kepala Lapas Kelas II B Purwodadi Soebiyakto menyaksikan warga binaan pemasyarakatan mendapatkan vaksin booster di aula lapas, Rabu (30/3/2022). (Solopos/Arif Fajar S)

SOLOPOS.COM - Kepala Lapas Kelas II B Purwodadi Soebiyakto menyaksikan warga binaan pemasyarakatan mendapatkan vaksin booster di aula lapas, Rabu (30/3/2022). (Solopos/Arif Fajar S)

Solopos.com, PURWODADI – Guna mencegah terjadinya penyebaran Covid-19 di kalangan warga binaan pemasyarakatan, Lapas Kelas IIB Purwodadi, Kabupaten Grobogan menggelar vaksinasi Covid-19 dosis 2 dan dosis tiga atau booster, Rabu (30/3/2022).

Bekerja sama dengan Puskesmas Purwodadi 1, warga binaan pun antusias mengikuti kegiatan vaksinasi yang digelar di aula Lapas Purwodadi. Kendati ada juga yang sempat merem ketika disuntik vaksin oleh petugas puskesmas.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

“Jumlah warga binaan pemasyarakatan di Lapas Purwodadi ada 227 orang. Dari jumlah tersebut 139 orang mengikuti vaksinasi booster, dan 18 mengikuti dosis 2. Ada juga anggota darma wanita dan pegawai yang mengikuti vaksinasi booster yakni 5 orang,” jelas Kepala Lapas Kelas IIB Purwodadi, Soebiyakto.

Baca juga: Pemandu Karaoke Ditemukan Meninggal di Kamar Indekos, Ada Luka Sayatan

“Sudah vaksinasi dosis 1 dan dua, terus ini ada vaksinasi dosis 3 atau booster. Alhamdulillah sudah lengkap, dan saya sampai sekarang belum pernah terpapar Covid-19,” ujar Andi, salah satu warga binaan pemasyarakatan.

Menurut Soebiyakto, memang selama 2022 belum ada warga binaan yang terpapar Covid-19, demikian pula ketika 2021 lalu. Namun justru yang terpapar Covid-19 adalah petugas Lapas Purwodadi. Sehingga begitu diketahui positif langsung diisolasi.

“Tujuannya agar tidak menular ke warga binaan pemasyarakatan. Karena selama ini mereka kan di dalam terus jadi belum ada yang terpapar,” jelas Soebiyakto.

Lapas Purwodadi
Warga Binaan Pemasyarakatan menunjukan kartu vaksin didampingi Kepala Lapas Kelas IIB Purwodadi, Soebiyakto (kiri), Rabu (30/3/2022). (Solopos/Arif Fajar S)

Baca juga: Lapas Purwodadi Gandeng Bapas Pati Untuk Asesmen Napi, Ini Tujuannya

Kendati demikian lanjut Soebiyakto, agar warga binaan pemasyarakatan Lapas Kelas IIB Purwodadi tetap bugar dan tidak terpapar Covid-19, pihaknya melakukan sejumlah upaya. Seperti mengecek suhu badan, mengadakan olahraga, juga berjemur.

“Selain itu juga kita mengajak warga binaan pemasyarakatan untuk karaokenan. Biar mereka senang sehingga imun tubuh naik dan tidak terpapar Covid-19,” ujarnya.

Selain itu, upaya lainnya seperti hari ini ada kegiatan vaksinasi dalam rangka Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-58. “Tujuannya memastikan bahwa warga binaan pemasyarakat di Lapas Purwodadi, mendapatkan vaksinasi dosis 1, dosis 2 dan dosis 3 atau booster,” ujar Soebiyakto.

 

 

 

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Gas Air Mata Penyebab Asfiksia, Mati Lemas Kurang Oksigen di Tragedi Kanjuruhan

      Gas Air Mata Penyebab Asfiksia, Mati Lemas Kurang Oksigen di Tragedi Kanjuruhan

      Gas air mata hingga mengakibatkan penghirupnya mengalami asfiksia diduga menjadi penyebab utama jatuhnya ratusan korban jiwa pada tragedi di Stadion Kanjuruhan, Sabtu (1/10/2022) malam.

      Berita Terkini

      Anies Jadi Capres, 2 Petinggi Nasdem Semarang Mundur

      Keputusan Nasdem yang mengusung Anies Baswedan sebagai capres 2024 tidak disambut positif sejumlah kader di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng).

      Gulat Pathol, Permainan Tradisional Khas Rembang yang Masih Lestari

      Gulat Pathol merupakan permainan gulat tradisional khas masyarakat Kabupaten Rembang, Jawa Tengah (Jateng).

      Parkir di Simpang Lima Semarang Disorot, Jukir Naikan Tarif Sesuka Hati

      Tarif parkir di kawasan Simpang Lima, Kota Semarang, dikeluhkan warga menyusul penerapan tarif dari juru pakir (jukir) yang dianggap kelewatan.

      23 Kecamatan di Jateng Tidak Punya Polsek, 14 Polsubsektor Diresmikan

      Sebanyak 14 Polsubsektor baru diresmikan di wilayah Jateng guna memenuhi kebutuhan akan keberadaan polisi di kecamatan yang belum memiliki Polsek.

      Investasi dari Negara Eropa Masih Sedikit, Jateng Undang Dubes Uni Eropa

      Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, mengajak negara-negara Uni Eropa untuk mau menanamkan investasi di Jateng.

      Udinus Semarang Gelar Virtual Job Fair, Begini Cara Ikutannya

      Udinus Semarang akan menggelar bursa kerja atau job fair secara virtual atau online mulai 17-21 Oktober 2022.

      Terungkap, Ini Alasan 3 PK Sunan Kuning Semarang Aniaya Rekan Seprofesi

      Tiga pemandu karaoke atau PK Sunan Kuning Semarang mengungkapkan alasan melakukan pengeroyokan atau penganiayaan kepada rekan seprofesinya.

      Unggah Foto di Bawah Baliho Puan, Ganjar Pranowo: PDIP Menang Hattrick

      Ganjar Pranowo baru-baru ini mengunggah foto dirinya berpose di bawah baliho bergambar Puan Maharani.

      Diusung PSI Sebagai Capres 2024, Ganjar: Belum Ada Komunikasi

      Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, mengaku belum pernah melakukan komunikasi dengan Partai Solidaritas Indonesia atau PSI yang mengusung dirinya sebagai capres 2024.

      Pemadaman Listrik di Semarang Sasar Area Sunan Kuning pada Selasa (4/11/2022)

      Pemadaman listrik di Semarang hari ini, Selasa (4/10/2022), akan menyasar sejumlah wilayah di Kecamatan Semarang Barat seperti kawasan Sunan Kuning.

      Hafal Al-Qur'an, Bocah 12 Tahun Dapat Kursi Roda Elektrik dari Gubernur Ganjar

      Seorang bocah difabel mendapat hadiah kursi roda elektrik dari Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, karena prestasi yang hafal Al-Qur'an dan tekun mengaji.

      Sadis, Usai Setubuhi Pacar, Remaja Temanggung Bunuh dan Kubur Korban

      Seorang remaja berusia 16 tahun tega berbuat sadis dengan membunuh pacar yang baru saja disetubuhi.

      Peringati Hari Batik, Belasan Anak Difabel di Semarang Membatik Kain 20 Meter

      Belasan anak difabel di Semarang diajak membatik kain sepanjang 20 meter dalam rangkaian peringatan Hari Batik Nasional.

      Puluhan Orang Jadi Korban Arisan Bodong di Kudus, Kerugian Capai Rp2 Miliar

      Puluhan orang di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah (Jateng), menjadi korban arisan diduga bodong dengan jumlah kerugian ditaksir Rp2 miliar.

      Dinsos: Banyak Gelandangan di Semarang Berasal dari Luar Kota

      Dinsos Kota Semarang menyebut banyaknya gelandangan yang ada di wilayahnya berasal dari wilayah luar Kota Semarang.