SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SAMARINDA — Tim gabungan Polresta Samarinda, Kalimantan Timur, Rabu (2/1/2018), menangkap pelaku pemukulan terhadap seorang mahasiswi yang sedang salat di Masjid Al Istiqomah, Jl Pangeran Antasari, Samarinda Ulu, Jumat (28/12/2018) lalu. Aksi pemukulan dengan balok itu viral setelah video rekaman CCTV peristiwa itu menyebar di media sosial.

Pelaku bernama Muhammad Juhairi itu ditangkap oleh polisi di rumahnya, Kecamatan Sanga-Sanga, Kabupaten Kutai Kartanegara, dalam operasi yang digelar pada Rabu siang sekitar pukul 14.00 Wita.  Polisi bertindak cepat mengusut aksi kekerasan itu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Setelah memukul korban, Muhammad Juhairi yang pernah bekerja sebagai mekanik di salah satu perusahaan tambang itu melarikan diri ke Kota Balikpapan dan Sangatta, Kutai Timur. Setelah ditangkap, Juhairi mengaku nekat memukul korban yang sedang salat Zuhur lantaran berniat mengambil tas korban.

“Saya lapar, Pak. Saya ingin mengambil tasnya karena belum makan. Kalau ada uangnya, saya hanya ingin mengambil Rp15.000 atau Rp20.000 untuk makan saja,” kata Juhairi di Mapolresta Samarinda.

Juhairi juga mengaku sempat melarikan diri ke sejumlah daerah, di antaranya Balikpapan, Bontang, dan Kutai Timur. “Saya sempat pulang ke rumah di Sanga-Sanga, lalu pinjam motor tetangga, kemudian saya pergi ke Balikpapan, Bontang, dan Kutim,” ucapnya.

Kasat Reskrim Polresta Samarinda Kompol Sudarsono mengatakan bahwa kejadian ini merupakan kasus penganiayaan murni dan pelaku akan dijerat Pasal 351 KUHP dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara. Menurut dia, Juhairi sudah 3 hari berada di masjid Jalan Antasari. Keberadaan pelaku di sana untuk mencari pekerjaan.

Juhairi mengaku dua hari sebelum kejadian dia kehabisan uang. Dia pun berencana mengambil tas korban. Saat ini, pelaku berada di Polresta Samarinda untuk penyidikan lebih lanjut.

Sebelumnya, beredar rekaman CCTV yang menunjukkan seorang wanita yang sedang menunaikan salat tiba-tiba dipukul oleh seorang laki-laki dengan balok kayu dari belakang. Wanita tersebut terlihat sempat terjatuh, kemudian berusaha bangun. Namun, pelaku menghantam kembali mengunakan balok.

Tayangan CCTV tersebut diketahui berasal dari Masjid Al Istiqomah, Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Jumat (28/12/2018) lalu. Perempuan yang menjadi korban adalah Merrisa Ayu Ningrum, mahasiswi salah satu perguruan tinggi di Kota Samarinda.

Pelaku diketahui bernama Muhammad Juhairi. warga Sanga-Sanga, Kukar. Pelaku sempat tinggal beberapa hari di masjid tersebut dengan dalih sebagai musafir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya