SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA — Pecahan roket peluncur satelit Telkom 3 yang gagal mengorbit 3 Agustus 2012 lalu diperkirakan akan jatuh di wilayah Indonesia pada malam ini, sekitar pukul 22.00 WIB. Wilayah Indonesia juga merupakan lintasan terakhir yang akan dilalui oleh pecahan ini.

“Pecahan roket peluncur satelit Telkom 3 berkode 2012-044CL yang gagal mengorbit tanggal 6 Agustus lalu, memang malam ini akan jatuh melalui wilayah indonesia, sekitar pukul 22.00 WIB,” ujar astrofisikawan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin saat dihubungi detikcom, Senin (25/2/2013).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut Thomas, pecahan ini berpotensi kecil untuk jatuh di wilayah daratan karena Indonesia sebagian besar terdiri dari wilayah lautan. Thomas mengatakan, jalur yang akan dilalui oleh pecahan roket ini adalah wilayah timur yakni pulau Sulawesi, dan akan berakhir di daerah laut barat di pulau Sumatera.

“Potensi untuk jatuh di daratan ada, tapi sangat kecil. Dan kemungkinan akan jatuh di wilayah lautan, itu yang dilalui adalah pulau Sulawesi, Kalimantan, dan Sumatera. Jadi pecahan roket itu jatuh dari arah timur Indonesia mengarah ke wilayah lautan di sekitar pulau Sumatera di wilayah barat,” jelas Thomas.

Pecahan roket ini tidak akan menimbulkan potensi bencana alam, karena Indonesia kerap kejatuhan benda-benda asing dari luar angkasa.

“Pecahan ini tidak menimbulkan potensi, karena Indonesia memang sering kejatuhan pecahan seperti ini ya, yang terakhir tahun 2003 di Bengkulu, dan tidak menimbukan potensi apa-apa,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya