Tutup Iklan
Wakil Ketua KPK Laode Muhammad Syarif (Antara-Hafidz Mubarak)

Solopos.com, JAKARTA -- Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Laode Muhammad Syarif tak lolos ke dalam 20 besar calon pimpinan KPK periode 2019-2023.

Tak lolosnya Laode menyusul pengumuman hasil seleksi pada tahapan profil assessment yang diumumkan oleh panitia seleksi calon pimpinan KPK pada Jumat (23/8/2019). 

Laode mengikuti jejak komisioner lainnya, Basaria Panjaitan, yang lebih dulu dinyatakan gagal. Artinya, hanya Alexander Marwata sebagai petahana yang kini memiliki peluang terpilih kembali.

Laode mengaku akan tetap membantu KPK setelah dirinya tak lagi menjabat sebagai komisioner KPK yang akan berakhir pada pengujung tahun ini. "Banyak yang bisa saya kerjakan," kata Laode ketika disinggung soal langkah ke depan, Jumat (23/8/2019).

Hal yang dapat dikerjakan, kata Laode, seperti kembali mengajar, membuat program antikorupsi, membantu KPK dari luar, hingga membantu lembaga-lembaga antikorupsi di negara lain.

Pria berlatar belakang akademisi itu pun mengaku biasa saja ketika mendengar namanya tak lolos ke 20 besar. Sebagaimana pernyataan sebelumnya, dia akan tetap bersyukur apabila dinyatakan lolos ataupun tidak.

Sebelummya, Pansel Capim KPK menyatakan ada 20 nama yang lolos ke tahap selanjutnya berupa tes kesehatan, wawancara dan uji publik yang akan digelar pada Senin hingga Kamis (26-29/8/2019).

"Dari 20 nanti yang ikut, akan kita [seleksi] ambil 10, lalu kita berikan pada Presiden," kata Ketua Pansel KPK Yenti Garnasih di Kementerian Sekretariat Negara, Jumat (23/9/2019).

Berikut 20 Capim KPK yang Lolos Profile Assessment:

1. Alexander Marwata - Komisioner KPK
2. Antam Novambar - Anggota Polri
3. Bambang Sri Herwanto - Anggota Polri
4. Cahyo RE Wibowo - Karyawan BUMN
5. Firli Bahuri - Anggota Polri
6. I Nyoman Wara - Auditor BPK
7. Jimmy Muhamad Rifai Gani - Penasihat Menteri Desa
8. Johanis Tanak - Jaksa
9. Lili Pintauli Siregar - Advokat
10. Luthfi Jayadi Kurniawan - Dosen
11. Jasman Pandjaitan - Pensiunan Jaksa
12. Nawawi Pomolango - Hakim
13. Neneng Euis Fatimah - Dosen
14. Nurul Ghufron - Dosen
15. Roby Arya - PNS Seskab
16. Sigit Danang Joyo - PNS Kemenkeu
17. Sri Handayani - Anggota Polri
18. Sugeng Purnomo - Jaksa
19.Sujarnako - Pegawai KPK
20. Supardi - Jaksa

Avatar
Editor:
Adib M Asfar

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten