SOLOPOS.COM - Calon Ketua Umum PSSI periode 2023-2027, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti (kanan) memberikan penjelasan dalam pertemuan yang bertajuk "Asprov PSSI Strategic Role, LaNyalla Vision" di Hotel Sultan, Jakarta, Selasa (7/2/2023). (ANTARA FOTO/Reno Esnir/hp)

Solopos.com, JAKARTALaNyalla Mattalitti menjanjikan subsidi Rp1 miliar per tahun kepada setiap Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI jika terpilih menjadi ketua umum PSSI 2023-2027.

LaNyalla juga berjanji memberikan subsidi kepada klub Liga 1 dan Liga 2 melalui operator kompetisi. Setiap klub Liga 2 dijanjikan Rp1,5 miliar sedangkan klub Liga 1 belum ditentukan jumlahnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Uang subsidi itu diberikan untuk menunjang program memajukan sepak bola yang disampaikan dalam kampanye calon ketua umum PSSI.

“Saya akan memberikan Rp1 miliar setiap tahun kepada Asprov untuk menjalankan program-program yang saya sampaikan,” ujar LaNyalla setelah melakukan kampanye di hadapan perwakilan sekitar 25 Asprov PSSI di Jakarta, Selasa (7/2/2023) malam, seperti dilansir dari Antara.

Adapun program yang dimaksud LaNyalla tersebut meliputi penyelenggaraan kompetisi Liga 3 dan pengembangan pesepak bola belia. Namun, Ketua DPD RI itu menegaskan dana sokongan tersebut hanya diberikan tanpa syarat pada tahun pertama dirinya menjabat sebagai ketua umum PSSI 2023-2027.

Untuk tahun kedua dan seterusnya, uang akan diserahkan berdasarkan evaluasi kinerja para Asprov dalam melaksanakan program PSSI pusat.

“Tergantung dari program yang mereka laksanakan. Kalau mereka sanggup melakukan keseluruhannya, ya, otomatis akan kami suplai. Namun, kalau tidak melaksanakan, ya, pasti tidak berjalan,” tutur LaNyalla.

Terkait subsidi Rp1 miliar itu, Ketua Umum PSSI tahun 2015-2016 tersebut sudah menandatangani perjanjian bermaterai dengan Asprov PSSI, dalam hal ini Asprov PSSI Papua Barat.

Penandatanganan dokumen integritas tersebut dilakukan menjelang kampanye LaNyalla di depan Asprov PSSI selesai. Adapun perwakilan Asprov PSSI Papua Barat adalah sang wakil ketua Rowland Heinrich.

“Para pihak sepakat untuk menghormati dan menjalankan komitmen ini setelah terpilih dari calon ketua umum PSSI menjadi ketua umum PSSI 2023-2027,” kata Rowland.

LaNyalla menyatakan tanpa tanda tangan pun, dirinya akan berkomitmen memberikan subsidi sebesar Rp1 miliar per tahun tersebut.

LaNyalla Mattalitti merupakan salah satu calon ketua umum PSSI 2023-2027 bersama empat nama lainnya yaitu Arif Putra Wicaksono, Doni Setiabudi, Erick Thohir dan Fary Djemie Francis. Pemilihan para anggota Komite Eksekutif PSSI 2023-2027 dilakukan di Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI pada 16 Februari 2023.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya