SOLOPOS.COM - Petugas PLLU Lanud Adisutjipto memantau take off dan landing pesawat, Jumat (12/6/2015). (JIBI/Harian Jogja/Sunartono)

Pangkalan Adisutjipto yang menjadi salah satu pusat pendidikan penerbang di Indonesia ini juga melayani penerbangan komersil.

Harianjogja.com, SLEMAN– Pangkalan Udara (Lanud) Adisutjipto yang ada di jogja seharusnya menjadi salah satu kebanggaan bagi masyarakat kota Jogja. Pasalnya Keberadaan pangkalan Adisutjipto yang menjadi salah satu pusat pendidikan penerbang di Indonesia ini juga melayani penerbangan komersil yang mempermudah jaringan transportasi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Adanya pangkalan udara Adisutjipto ini menegaskan bahwa wilayah kota jogja merupakan wilayah pendidikan,” kata Danlanud Adisutjipto Marsekal Pertama (Marsma) TNI Novyan Samyoga saat kegiatan presstour di pangkalan Lanud Adisutjipto, Jumat (7/10/2016).

Dikatakan Novyan, selain memperkuat dalam hal pendidikan, dikarenakan adanya lanud yakni sesuai dengan fungsi salah satu tugas dari pangkalan untuk menyelenggarakan pendidikan penerbang.

Keberadaan pendidikan di Lanud Adisutjipto, kata dia, langsung di bawah komando pembina doktrin pendidikan dan latihan TNI AU. ia menambangkan pendidikan yang ada di Lanud sendiri hingga saat ini bisa dibilang salah satu penyelenggara pendidikan penerbang yang komplit.

Tidak hanya sekolah penerbang (sekbang), berbagai pendidikan lain seperti sekolah navigasi (seknav), sekolah instruktur penerbang (SIP), Sekolah instruktur Navigator (SIN) dan sekolah wanita angkatan udara (Sekwara).

“Selain mencetak penerbang, untuk mencetak tenaga pendidik atau instruktur pun juga ada sekolahnya,” tegas Novyan. Selain sebagai penyelenggara pendidikan, satu hal yang tidak terlepas dari Lanud Adisutjipto yakni keberadaan Jupiter Aerobatik Tim (JAT) yang sudah menjadi kebanggaan warga jogja.

Dengan menggunakan pesawat model KT-10 Wong Be, JAT telah banyak ikut mengisi kegiatan kedirgantaraan baik skala nasional dan internasional. “Seperti yang kita ketahui The Jupiter sebutan JAT sudah memiliki banyak prestasi dan sudah banyak memiliki agenda dalam event kedirgantaraan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya